Cara Mencuci Muka yang Baik



Setiap wanita sudah pasti mendambakan kulit indah, mulus, bersih dan cerah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat kulit wajah kita, salah satunya dengan melakukan skin care rutin sendiri di rumah yang telah di jelaskan disini.

Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah membersihkan kulit wajah. Mengapa membersihkan kulit wajah penting untuk dilakukan?

1. Untuk membersihkan kotoran yang menempel seperti debu, sisa make up, polusi dan bakteri-bakteri yang menempel di wajah yang dapat menyebabkan jerawat, kekusaman dan iritasi.

2. Untuk membantu mengurangi efek hormonal issue yang biasanya menyebabkan produksi minyak di kulit wajah meningkat.

3. Untuk mempersiapkan wajah menerima rangkaian produk perawatan selanjutnya. Wajah yang bersih mempermudah rangkaian produk selanjutnya untuk diserap kulit.


Cara Mencuci Muka yang Baik

    
Agar proses pembersihan wajah dapat bermanfaat bagi kulit wajah Kamu secara maksimal, berikut ada beberapa cara yang saya tawarkan bagi Kamu:

1. Kenali jenis kulit wajahmu

Mengenali jenis kulit wajahmu sangatlah penting untuk mempermudah kamu memilih produk pembersih yang sesuai. Pemilihan produk pembersih yang kurang sesuai dengan jenis kulit wajahmu dapat memperburuk kondisi wajahmu. Ada beberapa jenis kulit wajah dan pembersih yang cocok bagi jenis kulit wajah tersebut:


a.    Normal

Kulit normal cenderung  halus saat disentuh, pori-porinya kecil dan kandungan minyaknya seimbang. Yang berjenis kulit seperti ini biasanya tidak terlalu repot dalam memilih produk pembersih wajah. Pilihlah yang kandungannya soap-free dan PH seimbang.


b.    Berminyak

Jenis kulit ini memiliki kandungan minyak berlebih. Ciri-cirinya adalah kulit wajah mudah lengket dan mengkilap karena minyak. Jenis kulit berminyak juga kadang disertai dengan masalah mudah berjerawat. Pilih cleanser yang khusus dibuat untuk kulit berminyak. Lebih baik lagi kalau mengandung anti-bakteri dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati untuk mengurangi permasalahan jerawatnya.

c.    Kering

Kulit kering mungkin tidak selalu nampak kering. Ciri-ciri kulit kering adalah terkadang bersisik, ada beberapa warna kulit yang kurang merata, mudah keriput atau terasa perih ketika memakai produk tertentu. Kulit kering biasanya disebabkan tubuh kekurangan cairan, kulit yang terkena paparan sinar matahari atau terlalu terekspos oleh AC secara terus-menerus. Produk pembersih yang cocok bagi kulit kering adalah produk yang tidak mengandung alkohol.

d.    Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan dari tipe kulit berminyak biasanya di daerah T yaitu dahi dan hidung dan kering di daerah pipi. Pilihlah produk yang khusus dirancang untuk tipe kulit kombinasi.

2.    Cleansing oil

Cleansing oil memang kurang popular di Indonesia. Namun pembersih berbahan dasar minyak memiliki banyak keuntungan bagi kulit wajah. Cleansing oil dapat mebersihkan make up tebal yang waterproof sekalipun. Cleansing oil juga baik bagi semua jenis kulit, termasuk bagi kulit berminyak sekalipun. Cara menggunakan cleansing oil yaitu:

a. Tuangkan beberapa tetes cleansing oil ke telapak tangan
b. Ratakan di wajah
c. Pijat wajah selama kurang lebih 4 menit kemudian fokus ke daerah-daerah yang perlu     pembersihan lebih seperti mata
d. Bilas wajah dengan air hangat
e. Gunakan pembersih lain pavorit Anda, misal cleansing foam apabila Anda merasa kulit wajah Anda belum bersih.
f. Bilas menggunakan air dingin.

3. Stay away from towel

Setelah membersihkan wajah apalagi dengan menggunakan produk yang dibilas dengan air, kita cenderung ingin mengeringkan wajah kita dengan handuk. Padahal handuk apalagi handuk badan mengandung banyak sekali bakteri yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan bagi kulit wajah. Sebaiknya, daripada mengeringkan wajah dengan handuk, biarkan air mengering sendiri atau tepuk-tepuk ringan menggunakan tangan. Hal itu juga dapat membantu air diserap oleh wajah sehingga kulit wajah terhidrasi dengan baik.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »