19 Makanan Untuk Darah Tinggi Alami


Enam puluh persen (60%) penderita darah tinggi mengalami struk. Darah tinggi biasanya terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah keturunan. Kebetulan, Bapak saya adalah keturunan darah tinggi karena nenek saya juga tensinya tinggi.

Saat tensi Bapak saya menjadi 190 tiba-tiba mengakibatkan harus masuk rumah sakit. Jadi saat tensinya sedang melejit, mereka yang adalah faktor keturunan ini tidak mengalami pusing atau sakit badan lainnya, tahu-tahu pas ke dokter harus masuk rumah sakit. Selain banyak istirahat, makanan pun perlu dijaga sampai akhirnya tensi bisa turun jaga hingga akhirnya jadi 130 sekarang.

Makanan Untuk Darah Tinggi


Biasanya yang menyiapkan makanan itu Mamah atau saya. Bapak saya sih nggak neko-neko soal makanan, akan tetapi berikut ini adalah 19 Makanan Untuk Darah Tinggi yang bisa kamu sajikan bukan hanya membantu menurunkan darah tinggi tapi juga enak.
 

1. Tomat

Tomat ini mengandung potasium dan vitamin C. Selain itu, semangkuk tomat hanya memiliki kandungan 9 mg sodium saja. Tomat termasuk dalam kategori sayuran buah terbaik dalam menstabilkan tensi darah yang tinggi. Buah segar ini bisa dimakan langsung, dijus, maupun dicampur dengan buah-buahan yang lainnya. Sebaiknya jangan membeli tomat olahan di mall karena biasanya tomat di sana mengandung sodium yang tinggi sehingga tidak baik untung penderita darah tinggi.


2. Cokelat Pekat

Cokelat memang lezat banget. Tapi yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam/gelp tanpa gula... Bisa diseduh menggunakan air hangat untuk diminum.


3. Bayam

Tingginya kandungan magnesium pada bayam menjadikan sayuran yang satu ini ampuh menurunkan tensi yang tinggi. Selain hal itu, bayam juga memiliki kandungan folat yang bagus sebagai proteksi dari bahan kimiawi yang berbahaya. Sayangnya, kalau sering banget dimakan bisa membuat asam urat... Jadi, selingi dengan makanan-makanan sehat lainnya.


4. Kuaci Bunga Matahari

Magnesium dan pitosterol baik untuk penurunan darah tinggi. Keduanya terkandung dalam kuaci bunga matahari. Jangan yang asin ya kuacinya...


5. Brokoli

Beberapa orang banyak yang tidak menyukai brokoli... Kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Sayuran hijau lainnya juga bagus, kok.


6. Kacang Almond

Kacang almond enak tapi juga bagus untuk tensi. Pada umumnya kacang-kacangan mengandung potasium dan magnesium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan penderita darah tinggi.


7. Kedelai

Kacang kedelai memang yahud deh bisa dimakan dan diminum. Bisa dijadikan tumis tempe, tahu rebus, dan susu kedelai.


8. Kacang Merah

Sajikan kacang merah yang direbus untuk para penderita darah tinggi. Pokoknya jangan digoreng.


9. Kacang Tanah

Kacang-kacangan lainnya adalah kacang tanah. Kacang tanah yang direbus enak dijadikan cemilan.


10. Pisang

Pisang ini bagus karena mengandung potasium yang tinggi.


Untuk empat nomor di bawah adalah buah-buah berry. Buah berry ini bermacam-macam. Satu mangkuk buah berry mengandung 200 mg potasium. Buah berry enaknya ialah di jus.


11. Strawbery 


Strawberry


12. Blueberry

Blueberry


14. Blackberry

Blackberry


15. Raspberry

Raspberry

16. Yoghurt

Ternyata yoghurt bukan cuma nikmat tetapi juga bisa menurunkan tensi. Pilihlah yoghurt yang rendah lemak.


17. Mengkudu

Sudah cukup lama buah ini dikenal untuk menurunkan darah tinggi. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus.


18. Seledri

Selain mengkudu, seledri juga lumayan terkenal sebagai penurun tensi, lho.


19. Jeruk

Jeruk enak dan mengandung potasium tinggi. Bisa dimakan langsung atau dijus. Jus jeruk bisa melengkapi makanan sehari-hari. Jeruk juga mengandung banyak serat.


Catatan penting.
  • Apabila kamu menyukai tambahan pemanis dalam membuat jus dan sebagainya, gunakanlah gula rendah kalori (misalnya Tropicana Slim) atau gula merah (gula merah asli). Jangan menggunakan gula pasir.
  • Sebisa mungkin, hindari garam misalnya kuaci bebas garam.
  • Sajikan makanan yang variatif jangan itu-itu saja. Contohnya pisang. Pisang memang baik banget untuk kesehatan para pemilik tensi tinggi. Sayangnya kalau setiap hari makan pisang banyak-banyak bahaya tuk ginjal.


Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat, ya.

Semangat hidup sehat dan sajikan juga makanan sehat untuk keluarga terkasih... :)
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »