9 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Darah Tinggi

Menyiapkan makanan bukan hal sepele. Baik memasak ataupun membeli kamu mesti memerhatikan makanan mana yang sehat. Untuk menjaga kesehatan, apalagi para penderita darah tinggi, kamu perlu memilah-milah mana yang dibutuhkan dan mana yang harus dihindari. 

Lalu.. Makanan apa saja sih yang harus dihindari agar tensi tidak melejit naik?

Berikut ini adalah makanan-makanan yang mesti dihndari.

 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Darah Tinggi



1. Makanan Berlemak

Nah, jangan makan makanan yang berlemak seperti gorengan. Gorengan memang enak tapi lemaknya itu banyak. Lemak bisa menyebabkan pembulih darah menjadi terseumber sehingga memperparah tekanan darah tinggi. Makanlah makanan sehat yang diolah dengan direbus.


2. Alkohol

Selain tensi jadi naik, alkohol juga bisa melakukan pengrusakan pada dinding pembuluh darah. Serem, kan?


3. Kafein Berlebih

Pada dasarnya kopi bisa membantu menstabilkan tensi seseorang. Tapi... kalau berlebihan malah memperparah darah tinggi seseorang. Waduh..


4. Gula

Pada umumnya, gula merupakan pemicu obesitas. Sayangnya dalam hal darah tinggi juga hal ini tidak baik. Hal itu disebabkan karena gula yang besar bisa menyumbat di jantung sehingga nantinya kerjanya menjadi lambat. Contoh makanan yang mengandung gula tinggi adalah cookies dan cokelat batangan (cokelat yang manis).

Apalagi donat itu... wah! Donat mengandung sekitar 200 kalori ditambah dengan 12 gram lemak. Bila tidak bisa jauh dari gula, pakai gula rendah kalori bahkan nol kalori seperti gula tropicana slim.


5. Protein Lemak Tinggi

Ada beberapa hal yang mesti dihindari nih...

  • daging merah
  • daging asap
  • dan sebagainya
Sebagai gantinya,baiknya sih kamu menyajikan atau mengkonsumsi daging burung.


6. Acar

Acar dikenal sebagai pelengkap makanan seperti sate. Acar memang sih kalorinya rendah. Namun, tahukah kamu? Ternyata acar ini tinggi sodiumnya.

Sebuah acar mentiumun bisa mengandung sekitar 570 mg sodium. Adapun kebutuhan sodium kita sehari adalah 2300. Berati udah sepertiganya tuh kalau makan satu buah acar mentimun... :O


7. Susu

Pada umumnya susu memang sehat. Akan tetapi, sumber kalsium tinggi ini mengandung lemak yang tinggi. Satu gelas susu punya kandungan rata-rata 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh ini adalah pantangan untuk orang yang menderita liver dan hipertensi. Kalau pengen-pengen banget mungkin bisa sesekali minum susu rendah lemak. Kata tetangga saya sih boleh minum susu tapi susu kedelai tanpa gula.


8. Mi Instan

Mi instan memang makanan yang murah, praktis, dan merakyat deh. Sayang sekali mi yang nikmat ini mengandung 14 gram lemak dan 1580 sodium. Ckck..


9. Karbohidrat Sederhana

Apa saja yang termasuk karbohidrat sederhana?
  • nasi putih
  • roti putih
  • kentang goreng
  • dan sebagainya

Yang termasuk paling berbahaya di antaranya adalah kentang goreng. Kandungan dalam kentang goreng yang ukurannya sedang adalah 270 mg sodium dan 19 gram lemak. Walaupun dalam penggorengannya ada restoran baik yang memakai minyak trans, tapi tetap saja tuh soium dan lemaknya tinggi.


Nah.. bingung kan untuk pilih makanan para penderita hipertensi itu apa sih...

Untuk mengetahui makanan mana yang dibutuhkan agar tekana darah bagus dan bisa turun, kamu bisa mengetahuinya di sini

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar