Asian Chef Festival: Buncis Szechuan

   Siapa yang suka masak? Saya sendiri sih kayanya suka yah, seru sih, tapi gak jago masak. Kurang punya akses juga ke area dapur sejak kecil. Mamah saya rese, sampai saya sma-pun beliau masih sering bilang, "udah ah sana, malah bikin pusing", kalau saya ke dapur ingin ikut masak-masakan. Ya ya, jadi salah siapa saya gak bisa masak? Bukan salah bunda mengandung, tapi salah bunda melarang.
   Nah kemarin, saya diajak ikut kelas memasak Gratis. Waw... Yang ngajak si Renold -bukan nama sebenarnya- salah satu teman dekat saya. Saya pikir dia saja pria ada kemauan untuk belajar masak, masa saya kalah. Dan akhirnya saya ikut ^^

Ini dia id-card saya sebagai peserta

   Nah, nama acaranya Asian Chef Festival, acaranya kemarin tanggal 15-16 Maret 2014 di Hotel Hilton Bandung. Temanya ya masakan khas Asia, Chef yang kasih demo masaknya adalah chef internasional yang didatangkan langsung dari negara bersangkutan (Thailand, India, Jepang, Korea dan China) . Gak menarik gimana lagi coba? Mana saya dapat gratisan, normalnya sih harus bayar sekitar Rp. 300 ribuan. Masakan yang didemokan masing-masing 2 macam dari tiap negara yang telah saya sebutkan. Oh iya, selain saya lihat demo masak dari chef profesional, saya juga praktik langsung memasaknya loh. Nah, saya mau sedikit berbagi tentang resep masakan yang saya masak kemarin, tapi satu aja deh yang paling saya ingat, yaitu Buncis Szechuan, salah satu masakan khas China. Saya sudah lama juga sebenarnya menjadi penggemar Buncis Szechuan, dan kebetulan sekali diberi kesempatan untuk belajar masak masakan ini.


Jadi bahan-bahan yang perlu kamu sediakan adalah:
-  3 sdm kecap asin
-  Air putih
-  1/2 sdm cuka (dry sherry)
-  1/2 sdm minyak wijen
-  1 1/4 sdt gula putih
-  1/2 sdt tepung maizena
-  1/4 sdt bubuk mustard
-  1/4 cabai kering
-  450 gram baby buncis
-  200 gram jamur shitake
-  3 buah bawang putih yang telah dirajang
-  1 smd jahe parut
-  Minyak goreng

   Ini masakan yang paling simpel diantara masakan yang dipresentasikan kemarin. Bahan-bahannya juga mudah dicari dibanding masakan yang lainnya.

Alat yang kamu perlukan:
1.  Mangkok kecil
2.  Pan sedang
3.  Panci kecil

Cara memasaknya:
1.  Buat sausnya dengan cara masukan kecap asin, air, cuka, minyak wijen, gula, tepung maizena, cabai kering, dan bubuk mustard ke dalam mangkuk kecil, kemudian kocok sampai menjadi saus.
2.  Panaskan minyak dalam panci kecil, kemudian goreng buncis selama kurang lebih 7 menit sampai buncis berwarna kecoklatan. Jangan terlalu lama karena akan membuat buncis layu dan tidak crunchy lagi.
3.  Panaskan 1 sdm minyak ke dalam pan, masukan jamur shitake hingga kecoklatan, kemudian kecilkan api dan masukan bawang putih dan jahe. Tunggu hingga harum.
4.  Angkat buncis dari panci, kemudian masukan ke dalam pan bersamaan dengan saus yang telah dipersiapkan sebelumnya.
5.  Aduk hingga saus mengental, sekitar 10 menit.
6.  Buncis Szechuan siap dihidangkan.

Si Buncis Szechuan ini tidak hanya dapat diolah dengan jamur shitake, tapi juga bisa dimasak dengan daging atau bahan lainnya sesuai dengan selera kamu.

Ini dia penampakan si Baby Buncis Szechuan


Bagaimana? Tertarik untuk coba memasaknya juga?

Nah, si Asian Chef Festival ini diadakan setiap tahun. Berminat? Semoga saya bisa dapat gratis lagi yah tahun depan :D



loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »