Jenis-jenis Vegetarian, Kamu Termasuk Yang Mana ?


Awalnya saya kira vegetarian itu berasal dari kata vegetables -dan memang agak-agak ada hubungannya dengan sayuran juga kan anggapan awal saya- ternyata bukan, vegetarian berasal dari bahasa Latin, vegetus, yang dalam bahasa Inggris bermakna fresh atau lively. Para vegetarian memilih jenis makanan tertentu saja untuk dikonsumsi. Banyak yang beranggapan bahwa vegetarian menghindari konsumsi daging dan hanya mengkonsumsi sayuran.

Well, tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Vegetarian biasanya menghindari produk hewani tertentu, dan mengkonsumsi lebih dari sekedar sayuran saja, bisa kacang-kacangan, buah-buahan dan umbi-umbian. Jadi sebenarnya vegetarian itu lebih ke orang-orang yang memilih makanannya, buka identik dengan sayuran yah. Nah vegetarian memiliki beberapa jenis yang dikategorikan berdasar pilihan jenis makanan yang mereka konsumsi. Berikut jenis-jenis vegetarian:

Jenis-jenis Vegetarian

1.  Vegan

Vegan merupakan jenis vegetarian yang paling ketat soal pemilihan makanan. Vegan menolak untuk mengkonsumsi -bahkan menggunakan- segala jenis produk yang berasal dari hewan (termasuk hewan yang berdaging merah, unggas dan ikan), baik itu telur, susu dan produk olahan dari susu seperti keju, yogurt, bahkan kue yang menambahkan bahan keju.

2.  Lacto vegetarian

Hampir sama dengan vegan, lacto vegetarian juga tidak mengkonsumsi produk hewani, namun para lacto vegetarian masih mau mengkonsumsi susu dan segala jenis produk turunannya atau biasa disebut dengan dairy products.

3.  Ovo vegetarian

Kalau lacto vegetarian masih bisa mengkonsumsi susu dan produk olahannya, ovo vegetarian masih dapat mengkonsumsi telur.

4.  Lacto-ovo vegetarian

Dilihat dari namanya saja bisa ditebak kalau lacto-ovo vegetarian, disamping mengkonsumsi sayuran, umbi, buah, dapat juga mengkonsumsi telur dan susu beserta produk olahannya.

5.  Pesco vegetarian

Orang yang tidak mengkonsumsi produk hewani, namun masih boleh mengkonsumsi ikan dan produk olahannya disebut pesco vegetarian.

6.  Flexetarian

Flexitarian merupakan vegetarian yang paling longgar. Mereka menghindari mengkonsumsi produk hewani, namun suatu waktu mereka mungkin mengkonsumsi juga. Misalnya pada saat ada pesta.

7.  Pollo vegetarian

Pollo vegetarian masih mengkonsumsi produk hewan unggas, namun tidak mengkonsumsi produk hewani yang laiinya.

8.  Fruitarian

Fruitarian ini berusaha untuk mengkonsumsi buah saja baik yang berasal dari pohon-pohonan atau "buah" sayuran seperti tomat, kacang, kentang, dan yang berbentuk mirip-mirip buah, bukan daun. Wah...

9.  Raw foodist

Para raw foodist memilih untuk mempertahankan nutrisi pada makanan yang mereka konsumsi dengan cara memasak makanan mereka dengan suhu rendah atau bahkan tidak memasaknya sama sekali.

Alasan dibalik manusia memilah-milah makanan ada banyak. Bisa untuk alasan kesehatan seperti para raw foodist, kecantikan seperti fruitarian, agama, atau alasan kemanusian seperti para vegan yang percaya bahwa makluk bernyawa tidak sepantasnya dibunuh dan dikonsumsi. Nah, kalau kamu pribadi bagaimana?

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »