Kenapa Kamu PIKUN padahal MASIH MUDA?

Terkadang kita mengecewakan orang lain bahkan orang-orang terdekat kita gara-gara lupa dengan janji kita, dengan waktu, dan lain-lain. Kalau kamu pelupa dan kamu sudah tua... Mungkin itu biasa. Tapi kalau kamu masih mudah dan kamu pelupa? Wah, wah... Ckckck.. Mungkin kamu juga bertanya-tanya, berapa batasan yang dimaksudkan muda, umur 18-39, masih bisa lho dikategorikan muda untuk hal ingatan. 

Hah? Umuur kamu masuk rentang itu dan kamu pelupa? Kira-kira kenapa tuh?

Nah, buat meminimalisir pelupanya kamu, akan lebih baik kita ketahui dulu deh penyebab-penyebabnya.

Kenapa Kamu PIKUN padahal MASIH MUDA?



Depresi


Istilah depresi kita kenal sebagai stres. Depresi ini membuat otak kamu susah buat menyimpan informasi. Jangankan menyimpan info-info, untuk berkonsentrasi saja sulit kalau orang lagi stres. Misalnya masalah di bawah ini nih yang bisa buat kamu depresi.
  • pekerjaan
  • karir
  • asmara
  • duit
  • kehilangan sesuatu atau orang 
  • dan hal-hal lain deh yang bikin batin kamu itu mengalami tekanan
Gimana cara mengatasi depresi ini?
  • Cara mengatasinya yang paling utama, kamu sering-sering tawakal sama Tuhan.
  • Ikhlaskan segala hal yang memang sudah takdirmu.
  • Kalau ada masalah, selesaikanlah dengan pikiran dingin.
  • Jangan lupa, sesekali otak perlu liburan.
Buat kamu-kamu, apalagi para cewek nih yang biasanya gampang dan sering stres... Yuk mulai kita sayangi diri kita dengan berusaha mengurangi depresi :)


Males Mikir


Hari gini masih males mikir? Haduh... kayak kereta zaman dulu dong kamu, yang lain udah kaya kereta ekspres. Kadang-kadang pas ada suatu persoalan, kamu malas memecahkan persoalan itu. Karena hal itu, otak jadi malas berpikir sehingga berujung pada kemampuan sang otak yang turun ketika harus bertindak merespons permasalahan. Dengan begitu, sering-seringlah melatih otak untuk berpikir meski hanya latihan ringan tidak apa-apa, asal rutin.

Contoh nyata nih, seorang pria yang berumur 60an daya ingatnya masih bagus ketimbang teman-temannya yang umurnya di bawah pria itu. Dia rajin mengisi TTS dan terkadang bermain sudoku.

Nah, kamu pasti lebih canggih dong mestinya. Pasti kamu lebih banyak mengenal macam-macam media untuk melatih otak.


Kurang Tidur


Seperi kata Bang Haji... "Begadang jangan begadang... kalau tiada artinyaa..."

Udah deh, mulai sekarang stop kejam sama diri kamu. Kita perlu waktu tidur yang cukup. Kebanyakan sih yang begadang itu cowok walaupun cewek juga lumayan banyak. Ingat hal ini, tidur pas malam itu merupakan suatu hal yang bagus buat kesehatan. Masih banyak orang yang suka melek malam hari dan siangnya tidur. Nah, ini tidak baik, lho. Kenapa? Gara-gara hal itu, otak kamu jadi kesusahan menggabungkan info-info yang diperoleh setiap hari... Alhasil, risiko pikun jadi makin gede...


Alkohol


Seperti yang kita tahu, meminum mirasi adalah haram. Di samping haram, juga bikin kamu pikun. Karena mabuk-mabukan, bisa mengganggu memori jangka panjang seseorang. Kenapa? gara-gara alkohol, otak kekurangan vitamin B12. Vitamin ini sendiri fungsinya adalah untuk daya ingat otak kamu. 


Narkoba

 
Ya... Yang namanya kecanduan memang susah. Tapi, ayo dong mulai kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk kamu. Orang-orang yang stres banyak melakukan jalan pintas dengan mabuk-mabukan bahkan ngobat. Padahal masalah mereka masih ada dan hanya akan bikin masalah baru. Gara-gara zat yang terkandung dalam narkotika, seseorang bakal lebih cepat terkena demensia.



Nah, semoga kamu nggak pikun terus ya...

Banyak hal penting nih yang mesti kamu ingat, seperti...
  • tanggal ulang tahun si dia
  • apa saja yang harus kamu beli
  • tanggal jadian kalian
  • datang ke undangan teman
  • hari ultah bunda tersayang
  • dan masih banyak lagi...
Rugi dong kalau setiap hari pelupa terus.. bisa-bisa lupa sama kewajiban dan janji!

Oh, no!

Ok...
Sudah tahu kan apa yang mesti kamu lakukan?

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »