Mengatasi Eating Disorder

sumber: www.elle-megazine.com


      Sebelumnya saya telah memposting artikel mengenai macam eating disorder atau gangguan makan beserta ciri-cirinya di sini. Bagaimana? Apakah kamu mengidap salah satu dari jenis eating disorder tersebut? Kalau iya, kamu harus segera berfikir untuk merubah keadaan kamu tersebut, karena bagaimanapun, eating disorder bisa merugikanmu. Berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk sembuh dari gangguan makan:


1.   Bulatkan tekad
sumber: silmsyu.edublogs.org
Penderita eating disorder biasanya menyadari betul kalau mereka mengalami kelainan. Namun karena faktor psikologis dan kurangnya kemampuan untuk mengendalikan diri dan kurangnya kesadaran untuk hidup sehat, mereka tidak mempunyai keinginan untuk berubah. Nah yang perlu dilakukan adalah sadari kalau gangguan makan yang kamu idap akan merugikan dirimu dan kesehatanmu.



2.   Bercerita kepada orang dekat mengenai masalahmu

sumber: kawankumagz.com
Sebenarnya orang-orang terdekatmu yang jeli akan menyadari kalau kamu sedang dalam masalah gangguan makan. Mereka akan mengomel mengenai kebiasaan makanmu yang tidak sehat. Betul? Seperti mamah saya yang pernah memergoki kemudian mengomeli saya karena mengkonsumsi pil diet, tidak makan seharian, tekanan darah saya yang rendah, menstruasi yang tidak teratur dan penurunan berat badan yang signifikan. Penderita yang tidak sadar akan kesehatan mereka akan menarik diri dari orang-orang yang peduli seperti itu. Sebaliknya, seharusnya kamu harus tetap berada di dekat mereka. Ceritakan masalahmu dan buat rencana bersama untuk membuatmu sembuh dan kembali menjalani pola hidup sehat.



3.   Belajar mencintai diri sendiri
sumber: myopera.com

Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau para model catwalk atau Victoria's Secret yang super kurus yang hanya akan membuatmu tertekan. Cobalah untuk mencintai dirimu sendiri. Fokus pada kesehatan dan kebutuhan tubuhmu, bukannya pada target angka berat badan yang dipaksakan.



4.   Be with the one who loves you as the way you are
sumber: www.thebridgemaker.com
Orang yang mencintaimu apa adanya akan membuatmu mencintai dirimu apa adanya juga. Dia akan membuatmu cantik setiap saat dan peduli akan kesehatanmu bukan penampilanmu. Orang seperti itu akan membuatmu santai tanpa tekanan harus menjadi gambaran sempurna yang kamu jadikan model.



5.   Buat rencana
sumber: en.paperblog.com

 Untuk kepentingan pemulihan, buatlah rencana. Tidak perlu terlalu sulit, cukup sedikit-sedikit saja yang sekiranya masuk akal bisa kamu capai. Bila kamu penderita Anorexia Nervosa dan berniat memulihkan berat badan pada angka sehat, buatlah perencanaan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, buatlah rencana yang masuk akal dan sehat.


6.   Konsultasi pada ahlinya
sumber: undaan.adihusada.com
Menyangkut gangguan psikologis yang mungkin diderita, memang agak sulit untuk diatasi sendiri. Jika gangguan yang kamu alami sudah termasuk parah, cobalah berkonsultasi pada ahlinya.

Memiliki berat badan yang ideal memang diidamkan oleh semua orang. Namun permasalahan yang dialami para remaja muda biasanya adalah ingin cepat dan instant, target yang tidak sehat, role model yang salah, malas berusaha dan kurang adanya kesadaran untuk hidup sehat. Padahal sebenarnya kamu bisa mendapatkan berat badan ideal dengan jalan yang lebih sehat seperti yang dipaparkan di sini. Ayo kembali ke pola hidup yang lebih sehat!!
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »