Cara Mengatasi Whitehead yang Membandel

 
Kalau sudah baca artikel tentang Nutrafor White Beauty, pasti tau dong sekarang saya sedang mengalami masalah muka yang serius (menurut saya). Iya, komedo jenis whitehead. Kemaren-kemaren banyak menyebar di muka saya bukan kepalang. Katakanlah 75% muka saya di singgahi si whitehead ini.

Cara Mengatasi Whitehead yang Membandel


Sebelumnya, whitehead itu merupakan salah satu jenis masalah komedo, masalah komedo lainnya namanya blackhead. Nah, whitehead adalah komedo tertanam di bawah kulit, sehingga membentuk benjolan yang sangat kecil, hampir tidak terlihat kalau dari kejauhan, baru terlihat kalau kamu lihat dari dekat atau akan terasa kasar kalau diraba. Jadi muka saya tampak mulus-mulus saja kalau dilihat dari jauh, pas dilihat dari dekat, barulah nampak muka saya yang penuh benjolan kecil. Ngerilah pokoknya. Beda dengan blackhead. Blackhead muncul kepermukaan, warnanya hitam karena melanin dari sebum yang teroksidasi udara.

Whitehead disebabkan oleh sebum bercampur bakteri terjebak di bawah pori-pori yang tersumbat sel kulit mati yang menumpuk. Beda kan dengan blackhead yang muncul ke permukaan, whitehead tidak bisa ditarik pakai porepack karena ya komedonya terhalang kulit mati. Jadi walaupun blackhead yang banyak lebih tidak elok dipandang, tapi whitehead lebih sulit untuk diatasi. Tambah pusing dan bingung kan saya jadinya. Setelah cari sana-sini mengenai cara menghilangkan whitehead, ini yang saya dapat:


1. Jaga Kebersihan Muka

Karena salah satu penyebab whitehead adalah bakteri, maka jagalah kebersihan muka kamu agar bakteri tidak berkembang biak di muka kamu. Hindari menyentuh muka kamu dengan tangan, karena tangan kamu membawa banyak bakteri.

2. Ekstraksi

Cara paling ampuh untuk menghilangkan whitehead itu adalah dengan mengeluarkan isinya. Tapi jangan sembarangan. Saya pribadi sering gemas dengan memencet keluar isi komedo saya. Tapi itu jelas tidak baik karena akan menyebabkan noda yang susah hilang. Lebih baik kamu pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

3. Eksfoliasi

Rutin mengeksfoliasi sel-sel kulit mati akan membantu mengurangi penyumbatan pori-pori kamu.

4. Gunakan Cara Tradisional

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mengurangi whitehead diantaranya putih telur, lemon atau tomat.

5. Penguapan

Uapi wajah kamu untuk membantu pori-pori kamu terbuka agar kotoran di dalam pori-pori bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Saya sempat mencoba sabar menerapkan cara-cara di atas selama sekitar satu minggu, tapi repot dan hasilnya kurang signifikan. Mungkin teknik ekstraksi (saya lakukan sendiri pakai jari dong) berhasil mengeluarkan dan mengurangi komedo saya yang asalnya 75% menutupi wajah, jadi 70%. Tapi muka saya jadi bernoda dan sakitnya itu loh, gak nahan.

Saya hampir putus asa hingga akhirnya semangat kembali setelah melihat video you tube yang mengatakan bahwa komedo bisa sembuh dan kempes seperti jerawat, walaupun mungkin prosesnya lama. Wah, ternyata mengekstraksi bukan satu-satunya jalan untuk menghilangkan komedo saya pikir. Kebayang yah kalau saya harus mengekstraksi ratusan komedo di wajah saya. Dan 4 hari ini saya coba menggunakan obat jerawat :D

Saya pakai clean and clear acne clearing gel. Saya oleskan secukupnya ke area yang terkontaminasi komedo.

Hasilnya?

Pipi kiri saya sudah bersih dari komedo, komedo di pipi kanan juga mengering -tinggal jerawat, hidung bebas komedo, dagu sedikit lagi, dan komedo di jidat juga sudah mengering -semoga hilang nanti-. Senang :)

Oiya, perlu diingat bahwa obat jerawat dapat membuat kulit kamu kering dan bahkan iritasi. Jadi kalau kamu mau coba juga, harus sangat hati-hati. Kamu juga jangan sampai lupa untuk menggunakan pelembab untuk mengurangi efek kering yang ditimbulkan si obat jerawat.

Terus ada recomendasi juga dari beberapa artikel yang saya baca kalau chemical peeling dari Paula's Choice ampuh mengatasi whitehead.

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

11 komentar

komentar
Anonymous
26 July 2014 at 05:34 delete

Gmn sist kl skrg udh sembuh

Reply
avatar
4 January 2015 at 10:50 delete

sekarang udah bersih belum sist whiteheadsnya?

Reply
avatar
Anonymous
18 January 2015 at 22:13 delete

aku udah make segala macem dari yang alami sampe obat obatan diantaranya vitacid, peeling, bahkan baru beli juga clear and clear nya ya kadang ada hasil nya agak berkurang tapi gak lama timbul lagi. harus gimana supaya tuntas whitehead nya:' bantu aku:""(

Reply
avatar
16 February 2015 at 12:33 delete

Sekarang puas. Saya nekad pakai vitacid akhirnya. Dan Puas. :)

Reply
avatar
16 February 2015 at 12:34 delete

Alhamdulillah bisa saya blg sembuh. Tinggal mengatasi bekasnya.

Reply
avatar
16 February 2015 at 12:36 delete

Udh berapa lama pakai vitacid? Untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo d muka, saya akhirnya pakai vitacid jg. Walaupun prosesnya lama, sekitar 1 tahun, tp saya bersyukur. Kmrn kan muka saya ancur bgt. Sampai ada jerawat segede2 jempol tangan di muka. Tp skrg tinggal bekasnya saja sedikit lg. Semangat :)

Reply
avatar
16 February 2015 at 12:36 delete This comment has been removed by the author.
avatar
16 February 2015 at 18:40 delete

Sekarang puas. Saya nekad pakai vitacid akhirnya. Dan Puas. :)

Reply
avatar
Anonymous
15 April 2015 at 06:49 delete

Hello, can you give me the link of the video please, I've trying to remove the whiteheads under my skin too!

Reply
avatar
Anonymous
27 June 2015 at 14:28 delete

permisi mbak, ngilangin komedo putihnya pake produk clean and clear acne clearing gel ? sekarang masih pake gak?

Reply
avatar
27 December 2015 at 23:59 delete

mb itu vitacidnya bisa beli dimana y?

Reply
avatar