Hari Wanita Sedunia

Tidak banyak wanita yang tau bahwa mereka punya harinya sendiri yang diperingati secara internasional yang jatuh pada setiap tanggal 8 Maret tiap tahunnya. Di beberapa negara bahkan menjadikan Women's Day tersebut sebagai hari libur nasional.

sumber foto: http://img.sloclimbing.com
International Women's Day ini berawal tahun 1910, diadakan pertemuan internasional di Copenhagen Denmark yang dihadiri 100 aktifis wanita dari 17 negara yang membahas tentang kesetaraan gender. Mengingat dulu wanita pernah mengalami diskriminasi dalam bidang sosial, lapangan pekerjaan, kedudukan di politik atau pemerintahan, pertemuan tersebut berencana untuk memperjuangkaan agar diskriminasi dihapuskan. Selain itu juga mereka memperjuangkan hak wanita untuk dilindungi dari kekerasan karena dianggap kaum sub-ordinal, dilecehkan, dan disepelekan. Pertemuan tersebut menginspirasi wanita-wanita di seluruh dunia untuk mengadakan tuntutan kesetaraan gender di berbagai negara, yang kemudian mebuahkan hasil. Banyak negara yang merayakan hari wanita dengan tanggal yang berbeda-beda. Hari wanita tersebut populer secara internasional setelah PBB mengundang perwakilan setiap negara untuk meresmikan tanggal 8 Maret sebagai Hari PBB untuk Hak Wanita dan Perdamaian Dunia atau dinamai sebagai Women's Day pada tahun 1977.
Setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya, PBB mengadakan pertemuan yang dihadiri perwakilan setiap negara yang membahas mengenai hak wanita dan segala hal untuk memajukan wanita di dunia dengan berbagai tema berbeda. Contohnya pada tahun 2013, PBB menentukan tema pertemuan "A Promise is a Promise: Time for Action to End Violence Against Women", dan tahun 2014 ini bertemakan "Equality for Women is Progress for All".
Di Indonesia sendiri, Hari Wanita Internasioan ini selain berdampak selain diperolehnya kesetaraan kedudukan dan kesempatan di berbagai bidang adalah lebih diperhatikannya keselamatan dan keamanan wanita yang dibuktikan dengan adanya berbagai lembaga yang berdiri khusus untuk melindungi kaum hawa seperti Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan.
Bersyukurlah kamu para wanita, karena kamu begitu diistimewakan dan diperhatikan.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »