Mitos Salah Seputar Kecantikan

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang sebetulnya tidak benar. Berikut diantaranya:

1.   Pelembab hanya untuk kulit kering

sumber foto: mygirlygirl.blogspot.com
Banyak yang mengira bahwa yang membutuhkan pelembab itu hanya yang berjenis kulit kering sedangkan yang berjenis kulit berminyak tidak memerlukannya. Padahal  yang memiliki jenis kulit berminyakpun memerlukan pelembab untuk mejaga agar kulit tetap kenyal ternutrisi. Banyak pelembab yang dirancang untuk kulit berminyak yang biasanya berbahan dasar air dan oil-free.

2.   Mengkonsumsi cokelat membuat kulit berjerawat

sumber foto: sehatajasih.com
Tidak ada hubungan antara cokelat dan jerawat.  Cokelat malah memiliki nutrisi yang bagus untuk kulit sehingga kulit menjadi indah. Namun perlu diketahui bahwa kamu harus mempertimbangkan kandungan lainnya yang kamu konsumsi dengan cokelat tersebut. Kamu dapat memilih cokelat yang campuran krim dan gulanya sedikit.

3.   Semakin tinggi spf semakin tinggi kekuatan melindunginya

sumber foto: rakuten.co.id
Sun screen kini semakin maju. Ada yang berbahan water-based, ada krim atau gel dengan kandungan spf 15 sampai ratusan. Banyak yang percaya bahwa semakin besar spfnya, maka semakin kuat menangkal efek buruk sinar matahari yang memiliki dua sinar yang berpengaruh buruk bagi kulit, UVA dan UVB (misal karena mendung, kamu menggunakan spf 15, jika terik baru menggunakan spf 60). Padahal kekuatan spf 15 sampai yang paling tinggi sekalipun sama saja, yang membedakan adalah ketahanannya. Jadi bagi yang menggunakan spf rendah harus lebih sering mengoleskan kembali daripada yang menggunakan spf lebih tinggi. Dan perlu diketahui juga jika spf itu hanya melindungi kamu dari UVB, sedangkan perlindungan dari UVA dapat kamu dapatkan dari PA. Jadi kamu dapat memilih sunscreen dengan kandungan spf dan PA.

4.   Pasta gigi dapat mengatasi jerawat

sumber foto: haribuathary.blogspot.com
Jerawat disebabkan oleh sebum, kotoran dan bakteri yang terjebak di pori-pori kamu sehingga menimbulkan peradangan. Banyak yang percaya bahwa pasta gigi dapat mengatasinya, padahal sebenarnya pasta gigi tidak mengandung bahan yang dapat mengatasi jerawat. Pasta gigi mungkin hanya akan membuat kulit kamu kering, panas, bahkan iritasi bagi yang memiliki kulit sensitif.
 
5.   Menjilat bibir untuk melembabkan bibir

sumber foto: nurfaliha.com
Air liur mengandung enzim pencernaan yang dapat membuat bibir kering. Menjilat bibir hanya akan memberi efek lembab sesaat karena efek basah dari liur, setelah liur kering, bibir kamu akan ikut kering bahkan lebih kering dari sebelumnya.

Jadi sebelum melakukan sesuatu, ada baiknya untuk memastikan kebenarannya terlebih dahulu.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »