Tips Memilih Oleh-oleh yang Menarik

Ketika berkunjung ke rumah kerabat atau ada kerabat yang hendak pulang, ada baiknya kita memberikan mereka oleh-oleh. Tentu saja mereka pasti senang dan semoga oleh-oleh yang Anda berikan itu bisa memberikan berkah. Apa saja tips dalam menentukan oleh-oleh? Kemudian, oleh-oleh apa saja yang bakalan disukai oleh mereka? Yuk, baca dulu tipsnya...

#1. Makanan Khas dari Daerahmu

http://assets.kompas.com/data//photo/2010/02/19/1307305p.jpg
sumber foto: http://assets.kompas.com

Keluarga bapak saya, kebetulan dari Yogyakarta, sementara itu, mamah berasal dari Sunda dan kami sekeluarga tinggal di Sumedang. Sumedang adalah kabupaten yang memiliki makanan khas yakni, tahu. Mereka biasanya senang dan mengatakan bahwa rasanya enak, berbeda dari tahu kebanyakan. Begitupun kalau keluarga yang dari Yogyakarta, mereka sering membawakan bakpia kacang. Jadi, memberikan makanan khas daerahmu adalah salah satu senjata jitu untuk dijadikan oleh-oleh favorit keluarga maupun tamu yang berasal dari luar kota atau daerah yang lain.


#2. Berikan yang Masih Segar

Karena saya bingung memberi contoh lagi apa... Saya gunakan tahu kembali. Meskipun Kota Bandung berada dekat dengan Sumedang, tapi keluarga dari Bandung selalu menantikan suguhan tahu yang masih hangat atau panas. Bahkan suatu ketika, paman saya minta dibelikan tahu segera karena katanya dia selama di bus tidak kebagian tahu, katanya sih kabita (ingin) banget, hehe.

http://beritanuansa.files.wordpress.com/2013/12/tahu13.jpg
sumber foto: http://beritanuansa.files.wordpress.com
Memang sih tahu yang hangat gitu, enak banget, tapi tak jarang saya memberikan tahu kering untuk teman-teman karena lebih praktis untuk dibawa meskipun punya resiko jadi bubuk...


#3. Baju/Kaos

http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/penjualan-kaos-dagadu-di-yogyakarta-_110719161805-740.jpg
sumber foto: http://static.republika.co.id
Baju atau kaos bisa jadi oleh-oleh yang bagus selain makanan daerah. Secara, bisa dipakai sehari-hari. Baju yang diberikan tentu ada hubungannya dengan kota asal atau daerah yang kamu kunjungi. Kayak ke jogja, biasanya kan kaos dagad*.


#4. Barang Lainnya

Kaos, baju, kain, dan sebagainya, mungkin tidak aneh lagi tapi masih tetap termasuk barang yang digandrungi untuk dijadikan oleh-oleh. Adapun barang-barang lainnya yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh adalah...
  • sandal
  • tas
  • jam tangan
  • dan sebagainya
http://www.pasarjogja.com/images/souvenir/souvenir-026-gantungan-kunci-bentuk-wayang.jpg
sumber foto: http://www.pasarjogja.com
Kalau kamu ingin membagikan ke banyak orang dan budget nya kurang bila beli kaos... Belikan saja gantungan kunci. Itu juga lumayan berkesan, deh.


#5. Hal yang Disukainya

Sebagai contoh, misalnya adik kamu suka sama segala hal tentang Naruto. Ketika kamu berjalan-jalan di kota lain, kamu bisa membelikannya kaos Naruto atau apapun itu yang berhubungan dengan Naruto.

http://im5.tokobagus.biz/l/45/48/45546485_6145254_5315f8539c223.jpg
contoh kaos Naruto
Pastinya, dia bakalan bahagia, deh.



Oh, iya...

Ayo, udah disiapin belum oleh-olehnya, nih?
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »