Tips Mengatasi Rambut Rontok


Rambut rontok merupakan masalah yang sangat mengganggu. Jika dibiarkan, akan menyebabkan rambut jadi tipis, bahkan berakhir pada kebotakan.

Jika kamu mengalami masalah rambut rontok, kamu harus segera memikirkan cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips mengatasi rambut rontok yang mungkin bisa kamu pertimbangkan:

Tips Mengatasi Rambut Rontok


1.  Gunakan produk perawatan rambut khusus rambut rontok

Banyak produk perawatan rambut untuk rambut rontok yang tersedia dari mulai sampo, kondisioner, ataupun serumnya.

2.  Pijat

Memijat kepala secara rutin dapat memperlancar aliran darah di sekitar kulit kepala yang nantinya menjadikan kulit kepala tempat akar rambut menempel sehat dan ternutrisi.

3.  Manfaatkan bahan alami

Banyak bahan-bahan alami yang tersedia di alam yang dipercaya dapat mengatasi rambut rontok. Diantaranya adalah lidah buaya dan minyak zaitun. Selain mengatasi masalah rambut rontok juga,
lidah buaya dan minyak zaitun dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut-rambut baru.

4.  Penuhi nutrisi

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang berpengaruh langsung pada kesehatan kulit kepala. Jadi alangkah baiknya kamu mengkonsumsi makanan sehat yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

5.  Hindari panas

Panas matahari dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Selain kerontokan yang berasal dari akar yang dikarenakan kulit kepala yang kotor berkeringat dan berketombe, panas matahari juga dapat merusak rambut sehingga menyebabkan patah di batang rambut.

6.  Hindari stress

Ada beberapa hal mengenai stres yang berhubungan dengan kerontokan rambut. Yang pertama adalah stres berat menyababkan sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga rambut kehilangan kemampuan untuk merawat diri sehingga tanggalah sudah.

Kedua yaitu ada sebagian orang yang jika sedang stres sering menarik atau menjambak rambutnya; hal tersebut lama-lama akan mengurangi kekuatan akar rambut. Ketiga adalah stress pikiran dan fisik yang secara tidak langsung memerintahkan rambut masuk ke zona istirahat termasuk istirahat untuk berkembang.

7.  Jangan terlalu sering menyisir

Ada mitos yang menyebutkan bahwa menyisir rambut 100 kali sehari dapat membuat rambut kamu halus dan bersinar, padahal terlalu sering menyisir malah akan membuat banyak rambut kamu berguguran.

Jika kamu harus menyisir dalam keadaan rambut kamu yang sedang rontok parah, kamu bisa pilih sisir yang renggang, dan sisirlah dengan lembut.

Baca Selengkapnya: Seperti apa kepribadian kamu berdasarkan belahan rambut?

8.  Jangan mengikat rambut terlalu ketat

Mengikat rambut terlalu ketat dapat menyebabkan rambut ketarik-tarik sehingga mengurangi kekuatan akar rambut untuk bertahan di kulit kepala. Selain itu juga rambut yang diikat kuat akan mengalami stres dan menghambat perkembangannya.

9.  Kurangi konsumsi gula dan alkohol

Gula dan alkohol dapat mengurangi zinc dalam tubuh yang bermanfaat bagi pertumbuhan rambut.

10.  Hindari steaming rambut

Steaming rambut yang biasanya dilakukan pada saat cream bath akan membuat pori kulit kepala tempat akar rambut kamu menempel membesar sehingga tidak kuat menahan akar rambut. Jika kamu melakukan cream bath, mending pilih pakai es saja daripada pakai steamer.

11.  Potong secara rutin

Idealnya rambut harus dipotong secara berkala untuk rambut tetap terjaga kesehatannya. Rambut yang tidak dipotong secara berkala akan menyebabkan rambut tua yang kurang ternutrisi yang biasanya ada di ujung rambut membebani rambut kamu dan kulit kepala kamus secara keseluruhan.

Tidak perlu dipotong terlalu banyak, potong rambut tuanya saja. Namun jika kerontokan yang kamu alami parah, lebih baik dipotong pendek saja rambut kamu.

Demikian beberapa tips mengatasi rambut rontok, semoga masalah rambut kamu segera teratasi.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »