10 Manfaat Tomat Sehat

Tomat adalah buah yang sering kita jumpai dan konsumsi karena segar dan harganya pun terjangkau. Buah sayur yang satu ini juga mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun modern. Si Oranye ini punya banyak manfaat lho untuk kesehatan. Apa saja, ya? 


1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Tomat punya kandungan antiokdisan yang tinggi. Dengan begitu, bada bisa terlindung dari radikal bebas dan munculnya beraneka penyakit.


2. Mengandung Vitamin

Ketika kamu memakan satu buah tomat, artinya 40% kebutuhan vitamin C kamu terpenuhi. Vitamin lainnya yang terkandung adalah vitamin B dan K.


3. Menyehatkan Jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa tomat mengandung kalium dan vitamin B yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga sehat bagi jantung. Penyakit lainnya yang bisa dihindari adalah stroke dan tekanan darah tinggi.


4. Membantu Program Diet

Untuk kamu yang sedang berdiet, tomat bisa membantu karena mengandung serta, air, vitamin, dan rendah kalori. Dengan begitu, kamu menjadi merasa kenyang lebih lama. Jadikanlah tomat dalam campuran sup dan sandwich.


5. Mengobati Nyeri Punggung

Tomat bisa membantu kamu dalam mengatasi artritis. Konsumsi saja tomat setiap hari secara teratur. Kandungan biovlavonoidnya mengobati punggungmu.

http://3.bp.blogspot.com/-rEVmNzE-RRU/Ud7-5NBwnjI/AAAAAAAAALM/8pWCWVoYqF4/s320/Tomat.jpg
sumber foto: http://3.bp.blogspot.com


6. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Gula dalam darah bisa diatur oleh kandungan kromium dalam tomat. Untuk memperoleh hasil yang optimal, makanlah buah tomat setiap hari.


7. Melawan Kanker

Ada macam-macam kanker seperti kanker...
  • kerongkongan
  • usus besar
  • dubur
  • ovarium
  • prostat
  • faring
  • tenggorokan
  • serviks
  • mulut
Menyeramkan, bukan? Untungnya, kandungan vitamin A, C, dan antioksidan yang tinggi membantu kamu melawan kanker tersebut.


8. Meningkatkan Indera Penglihatan Lebih Baik

Vitamin A yang terkandung pada tomat bisa menyehatkan matamu. Dengan mengkonsumsi tomat bisa menghindari penyakit rabun jauh dan makula (gangguan mata yang serius dan sulit disembuhkan).


9. Mencegah Batu Ginjal dan Empedu

Dengan mengkonsumsi tomat, dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu. Penelitian terbaru menyatakan bahwa orang yang rajin memakan tomat tanpa biji bisa terhindar dari kedua penyakit tersebut.


10. Membuat Tulang Kuat

Vitamin K dan kalsium bisa dikatakan baik untuk tulang. Kedua hal itu terkandung dalam tomat. Likopen dalam tomat juga membantu menjaga massa tulangmu dan bermanfaat untuk pencegahan osteoporosis.



Yuk, konsumsi tomat setiap hari :)

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »