Agar Akhir Bulan Tidak Berhutang

Bagi kebanyakan orang, akhir bulan merupakan saat dimana mereka pusing memikirkan masalah keuangan. Tidak jarang karena ketidakmampuan mereka mengolah uang yang tinggal sedikit, mereka jadi berhutang sana-sini dan menjadi penganut gaya hidup gali lobang tutup lobang, akhir bulan berhutang, awal bulan bayar. Kalau sampai seperti itu, ya akan seterusnya berhutang di akhir bulan.

sumber foto: http://2.bp.blogspot.com
Nah, saya punya tips mengatur keuangan agar di akhir bulan tidak berhutang. Berikut tipsnya:
1.  Zakatkan 2.5% dari penghasilan
2.5% dari pengahasilan kamu merupakan hak milik orang lain. Dengan menyalurkan sebagian kecil dari penghasilan kamu di jalan yang tepat itu akan membuat harta yang kamu miliki berkah. Dengan berzakat juga niscaya akan membuka jalan rezeki lainnya.

2.  Sisihkan 10% untuk dana jaga-jaga
Jika penghasilan kamu 5 juta, setelah dikurangi zakat jadi Rp. 4.875.000, sisihkan lagi 10% untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Jadi kamu dapat menyimpan sebesar Rp. 487.500. Kalau tidak ada keperluan mendadak, kan bisa menjadi tabungan kamu.

3.  Bagi 4 untuk keperluan setiap minggu
Akan lebih mudah jika kamu membagi penghasilan bulanan kamu ke dalam 4 bagian menjadi uang mingguan. Bagi rata jatah perminggunya. Jadi tidak ada lagi istilah belanja bulanan, ganti jadi belanja mingguan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari kebiasaan boros di awal-awal minggu.

4.  Catat belanjaan kamu
Dengan mencatat, kamu akan dapat mengontror pengeluaran kamu. Kamu dapat merencanakan barang-barang apa saja yang kamu perlukan. Catatan juga dapat membantu kamu dapat mengevaluasi pengeluaran kamu setiap minggunya dan merencanakan untuk minggu berikutnya.

Selamat berhemat :)
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »