Atasi Mendengkur saat Tidur

Mendengkur mungkin bukan suatu penyakit yang berbahaya. Namun kebiasaan mendengkur akan sangat mengganggu, terutama bagi yang sudah bersuami, mendengkur akan membuat suami kamu tidak nyaman. Selain itu, kebiasaan mendengkur juga dapat membuat malu kalau-kalau kamu ketiduran di tempat umum. Jika dilihat penyebab utamanya, kebiasaan mendengkur disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan oleh berbagai faktor, sehingga udara berebut masuk saluran sempit dan menggetarkan saluran tersebut, sehingga menyebabkan bunyi.

sumber foto: http://www.cafeberita.com

Namun, jangan risau, ternyata kebiasaan mendengkur saat tidur bisa dihilangkan. Berikut tips-tipsnya:
1.  Hindari minuman beralkohol
Alkohol mengurangi kekencangan otot kerongkongan bagian belakang sehingga menjadi kendur. Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur akan membuat kamu mendengkur dengan kencang.

2.  Stop merokok
Asap rokok atau polusi dalam bentuk lainnya dapat membuat kerongkongan kamu sedikit bengkak dan berlendir, sehingga terjadi penyempitan saluran pernafasan yang menyebabkan kamu mendengkur.

3.  Tidur menyamping
Tidur terlentang membuat lidah kamu tertarik gravitasi ke arah kerongkongan, sehingga udara yang masuk akan menggetarkan kerongkongan yang sempit.

4.  Pakai bantai yang tidak terlalu tinggi
Penggunaan bantal yang terlalu tinggi menyebabkan leher kamu tertekuk yang selanjutnya menghambat saluran pernafasan kam.

5.  Turunkan berat badan
Penyempitan saluran pernafasan bisa jadi dikarenakan oleh penumpukan lemak disekitar leher, sehingga dengan mengurangi lemak tersebut, saluran pernapasan kamu akan lebih lega.

6.  Bersihkan lendir di saluran pernafasan
Lendir di saluran pernapasan juga termasuk yang menghambat jalan keluar masuknya udara. Lendir pada saluran pernafasan bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya flu. Pembersihan lendir pada saluran pernapasan bisa dilakukan dengan jalan gurah.

7.  Terapkan pola hidup sehat
Jangan sampai kamu merasa sangat lelah setiap harinya. Karena kelelahan termasuk salah satu penyebab kamu mendengkur. Jika kamu lelah, kamu akan tidur dalam keadaan yang sangat rileks dan otot menjadi lemah, yang selanjutnya hal tersebut membuat kamu mendengkur.

Ayo, bagi yang mendengkur, jangan menyiksa orang-orang di sekitar kamu yang terganggu dengan dengkuran kamu. Segera cari cara untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur!
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »