Bahaya Mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan

Vitamin C memang dapat memberikan berbagai macam hal baik bagi tubuh dengan catatan harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan tubuh.

sumber foto: http://cdn2.stylecraze.com

Kebutuhan manusia akan vitamin C itu memang berbeda-beda. Melihat salah satu fungsi utamanya sebagai anti-oksidan, dan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak, orang yang tinggal di kota yang banyak polusinya akan beda kebutuhan vitamin C nya dibanding dengan orang yang tinggal di desa, olahragawan akan beda kebutuhannya dengan orang yang kerjaannya tidur terus. Nah tapi umumnya, dosis vitamin C bagi tubuh manusia tidak boleh lebih dari 2000mg/hari, karena jika lebih dari itu maka akan menyebabkan:
1.  Tubuh dan otot terasa lelah
2.  Insomnia
3.  Kulit menjadi kemerahan dan sensitif
4.  Sakit perut hingga diare dikarenakan vitamin C yang terlalu banyak harus melewati usus terlebih dahulu sebelum dibuang melalui urin kelebihannya.
5.  Sakit lambung. Sifat asam dari vitamin C akan menyebabkan asam lambung kamu meningkat dan menyebabkan perih di lambung.
6.  Menghambat proses perbaikan sel dan menghambat pengobatan kanker. Padahal salah satu fungsi vitamin C adalah mencegah kanker.
7.  Kram perut dan mual-mual
8.  Merusak sel darah putih.
9.  Meningkatkan resiko penyakit batu ginjal.
Kata berlebihan itu memang tidak pernah bagus. Selalu ada akibat buruk yang memang merupakan kontrol agar kita sebagai manusia tidak serakah dan rakus. Jadi, kontrol baik-baik asupan vitamin C harian kamu, jangan sampai berlebihan. Karena salah-salah nanti malah merugikan. Dan lebih baik memilih sumber vitamin C yang alami, bukan suplemen kemasan.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »