Bahaya Minuman Bersoda

Minuman besoda memang segar jika diminum karena sensasi menyengat yang ditimbulkan sodanya. Namun, jika diminum secara berlebihan, minuman bersoda dapat memberi pengaruh negatif terhadap tubuh. Berikut bahaya minuman bersoda bagi tubuh:

sumber foto: http://media.viva.co.id


1.  Kerusakan tulang
Kandungan asam fosfat pada minuman bersoda dapat mengikis tulang secara perlahan. Mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan, lama-lama akan menyebabkan keropos tulang dan kerusakan gigi.

2.  Mengganggu penyerapan gizi
Asam fosfa pada minuman bersoda juga menghambat kinerja lambung untuk menyerap gizi dari makanan sehingga kemungkinan kamu akan merasa lapar terus karena tubuh merasa belum cukup gizi.

3.  Kadar gula tinggi
Hampir semua minuman bersoda rasanya super manis, bahkan diet coke pun masih terasa manis, dikarenakan gula yang dicampurkan memang banyak. Kandungan gula yang banyak ini dapat menyebabkan peningkatkan kadar insulin, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, berat badan, penuaan dini dan banyak efek samping negatif.

4.  Kafein berdampak buruk bagi tubuh
Minuman bersoda mengandung kafein yang diketahui memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Kelebihan kafein pada tubuh dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak teratur, kadar kolesterol darah meningkat, pengurangan vitamin dan mineral, benjolan payudara, cacat lahir, dan mungkin beberapa jenis kanker.

Soda mungkin memang segar, tapi air putih tidak kalah segar dan lebih sehat.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »