Cara Mencegah Kanker Payudara


Bagaimana cara mencegah kanker payudara ? Perlu kamu ketahui bahwa kanker payudara disebabkan oleh perkembangan sel yang tidak terkendali sehingga menimbulkan benjolan pada payudara. Benjolan ini tentu mengganggu karena selain merubah payudara, juga menimbulkan sakit.

Dan jika dibiarkan dan menjadi stadium lanjut, sel jahat tersebut akan terus membesar dan menggerogoti sel-sel yang sehat disekitarnya. Kanker payudara yang sudah parah juga akan menimbulkan luka parah dan bernanah pada payudara yang menyebabkan sakit yang luar biasa.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Penyebab pertumbuhan sel kanker itu sendiri merupakan faktor genetik yang berhubungan dengan hormon estrogen pemicu sel kanker. Jika kamu memiliki keluarga yang mempunyai riwayat menderita kanker, kamu tentu harus lebih waspada.


Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara:


1.  Konsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan tinggi yang berfungsi untuk memperbaiki sel rusak dan mengurangi resiko kanker.

2.  Konsumsi makanan yang mengandung serat, buah-buahan dan sayur-sayuran hijau yang memiliki resiko rendah

3.  Kurangin mengkonsumsi lemak jenuh yang biasa tedapat pada daging merah dan margarin. Ganti dengan lemak baik yang sering terkandung pada kacang-kacangan.

4.  Hindari alkohol dan rokok yang mengakibatkan kerusakan sel dalam tubuh.

5.  Kurangi berat badan berlebih.

6.  Kurangi konsumsi suplemen yang mengandung hormon estrogen berlebih.

7.  Menyusui selama mungkin. Jangan stop sebelum waktunya. Minimal 2 tahun menyusui bayi kamu.

8.  Konsumsi obat anti-kanker.

9.  Hindari memasak danging terlalu lama karena panas yang berebihan dapat merubah protein dalam daging menjadi zat karsinogenik yang dapat memicu kanker.

10.  Hanya jika kamu memiliki potensi untuk terkena kanker payudara, lakukan mastektomi yang merupakan proses pengangkatan sebagian jaringan payudara untuk mengurangi resiko kanker.

11.  Olah raga rutin yang dapat membantu membuat tubuh lebi fit sehingga sel menjadi sehat.

12.  Hindari stres yang memicu kenaikan hormon penyebab kanker payudara dan membuat kekebalan tubuh menurun.

Demikian informasi mengenai cara mencerah kanker payudara. Ayo, lakukan pencegahan kanker payudara yang mengerikan sedini mungkin !!

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
29 June 2015 at 11:21 delete

terimkasih banyak, pembahasan yang bermanfaat

Reply
avatar