Deteksi Kanker Payudara sejak Dini

Kanker payudara merupakan hal yang sangat mengerikan bagi setiap wanita. Bagaimana tidak, angka kemungkinan wanita terkena kanker payudaya sangat tinggi. Dikabarkan bahwa 9% wanita terkena kanker payudara, dan kanker payudara merupakan kanker yang paling menyebabkan kematian pada wanita.
Sebenarnya kanker payudara bisa diatasi dengan cukup mudah jika dilakukan penanganan sejak dini, sebelum kanker menjadi stadium tinggi. Makanya, deteksi kanker secepat mungkin. Harus selalu waspada, jangan diremehkan, karena terkadang kanker yang masih kecil tidak menimbulkan sakit.

sumber foto: http://3.bp.blogspot.com

Kanker itu sendiri pada dasarnya merupakan sel yang berkembang tak terkendali sehingga menimbulkan benjolan di payudara. Semakin besar, perkembangannya semakin tidak terkendali pula sehingga seringkali menggerogoti sel-sel yang sehat. Jadi, semakin dini terdeteksi, semakin mudah penanganannya. Berikut cara mendeteksi kanker payudara yang bisa dilakukan di rumah:
1.  Angkat satu tangan dan letakkan di atas kepala, kemudian raba payudara dengan tangan yang satunya lagi untuk mengetahui apakah ada benjolan atau tidak.

2.  Cek apakah payudara kamu berubah bentuk atau ukuran.

3.  Kamu harus waspada jika terdapat luka yang sulit sembuh di sekitar puting payudara.

4.  Cek puting payudara apakah mengeluarkan cairan yang berwarna.

5.   Waspada jika puting terasa sakit dan panas

6.   Waspada jika payudara sering terasa ngilu yang berlebihan.

7.   Periksa apakah di payudara kamu ada ruam-ruam yang mencurigakan.

 Hal-hal di atas dapat kamu lakukan rutin setiap hari di rumah untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Jangan malas. Takutnya nanti tidak terasa, tau-tau sudah jadi kanker ganas yang akan sulit diobati. Jika ada benjolan yang teraba, segera periksakan ke dokter ahli payudara.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »