Kerugian Konsumsi Gula Berlebihan

sumber foto: http://4.bp.blogspot.com
Manusia memang membutuhkan gula, namun sebenarnya kebutuhan gula manusia hanya 5% dari jumlah kalori yang dikonsumsi. Jika kamu mengkonsumsi 2000 Kalori dalam sehari, maka gula yang boleh dikonsumsi 25,8 gram. Banyak makanan sehari-hari yang mengandung gula, bahkan pada makanan yang dikira bebas gula seperti yogurt rendah lemakpun dapat mengandung gula hingga 10 gram, apalgi cup cake, kopi susu instan, cokelat, soft drink. Wah, bisa-bisa kamu mengkonsumsi gula secara berlebih yang bisa membawa kerugian bagi kamu seperti:
1.   Kegemukan
Pemanis tambahan yang tidak memiliki kandungan mineral, vitamin atau serat dikatakan dapat menyebabkan penimbunan lemak di perut.

2.   Keriput
Gula dapat memecah kolagen dan elastin yang merupakan protein yang menjaga elastisitas kulit.

3.   Nafsu makan meningkat
Gula yang berupa fruktosa dapat menekan kinerja otak yang berfungsi untuk mengontrol nafsu makan sehingga kamu bisa kehilangan kemampuan untuk mengontrol nafsu makan kamu.

4.   Batu ginjal
Mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko batu ginjal sebesar 25%.

5.   Kanker
Gula berhubungan erat dengan peningkatan obesitas dan insulin yang dapat memicu kanker.

6.   Penurunan kinerja jantung
Gula yang tinggi dapat meningkatkan kenaikan kolesterol jahat dan menghambat pertambahan kolesterol baik yang selanjutnya dapat menghambat kinerja jantung.

7.   Penyakit gula darah
Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat membuat kadar gula dalam darah naik sehingga darah sehingga memicu penyakin diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan.

8.   Penurunan kinerja hati
Gula berlebih dalam tubuh dapat memicu produksi insulin yang menyebabkan hati mengambil gula yang kemudian dirubah menjadi glikogen. Glikogen ini nantinya dirubah menjadi lemak yang kemudian ditimbun di hati. Penimbunan lemak di hati ini tentu tidak baik bagi kinerja hati.

Gula tambahan tentu tidak banyak memberi manfaat bagi tubuh kamu, justru sebaliknya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka kerugian yang akan di dapat. Jika lidah kamu rindu sesuatu yang manis, lebih baik mengkonsumsi gula alami yang dikandung oleh buah-buahan.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »