Manfaat Buah Semangka, Gak Nyangka Loh


Buah semangka merupakan buah yang digemari banyak orang karena rasanya yang manis, harganya yang terjangkau, rendah kalori dan bebas lemak. Namun selain itu juga, dibalik warna merahnya, semangka ternyata mengandung nutrisi yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Berikut nutrisi yang banyak dikandung semangka beserta manfaatnya:

Manfaat Buah Semangka

1.  Lycopene

Buah semangka mengandung lycopene lebih tinggi dari buah dan sayuran lainnya. Berbeda dengan buah tomat yang juga terkenal dengan lycopennya, semangka tidak perlu dimasak terlebih dahulu untuk memaksimalkan kandungan lycopenenya.

Lycopene sendiri merupakan anti oksidan yang kuat yang bermanfaat untuk memerangi kanker, menjaga kulit agar tetap muda, dan menyehatkan jantung. Anti oksidan dari lycopene yang dikandung semangka kekuatannya dua kali lipat beta karoten yang biasa dikandung wortel dan 10 kali lipat lebih kuat dari vitamin E.

Warna merah pada semangka menandakan kandungan lycopenennya. Semakin merah maka semakin banyak kandungannya. Makanya, lebih baik pilih semangka yang merah, bukan yang kuning.

2.  Vitamin A

Kandungan baik lainnya adalah vitamin A. Vitamin A sendiri dikenal banyak menyimpan manfaat bagi tubuh manusia seperi membantu mata untuk tetap sehat dan terus meihat jelas, sebagai antioksidan, memperkuat sistem imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pertumbuhan.

3.  Vitamin C

Semangka juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kuli, menjaga kekenyalan kulit, meremajakan kulit, memproduksi kolagen dan mengurangi pigmentasi akibat UVB.

4.  Vitamin B6

Semangka juga merupakan salah satu sumber vitamin B. Vitamin B bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, sebagai anti oksidan, menjaga keseimbangan kadar gula darah, membantu memperkuat kekebalan tubuh, membantu proses perkembangan otak dan meningkatkan stamina.

5.  Potasium

Kandungan potassium dalam semangka dapat membantu menjaga fungsi otot, menjaga kepadatan tulang, menambah kandungan air tubuh, menambah energi, mengurangi resiko batu ginjal, membantu kinerja otak, menjaga kesehatan kulit, membantu fungsi syaraf. Yang perlu diwaspadai adalah kandungan potassium dalam semangka dapat menurunkan tekanan darah. Fungsi potassium yang satu ini bagus bagi penderita hypertensi, tapi bagi penderita tekanan darah rendah kurang bagus.

6.  Thiamin

Nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh lainnya adalah Thiamin. Thiamin bermanfaat untuk membantu kinerja jantung, kesehatan mata, memperlancar peredaran darah, membantu kesehatan otak, memperlancar pencernaan, membantu produksi sel darah merah dan melindungi membran mukosa.

Ayo, perbanyak konsumsi semangka. SEMANGKA!! SEMANGAT KAKA!!

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »