Tempat Rekreasi Asik Terjangkau: Cukang Taneuh, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Masih bingung mau rekreasi kemana di akhir pekan? Kalau kamu sudah terbiasa dan bosan ke pantai atau ke gunung, kamu bisa mencoba berkunjung ke Cukang Taneuh atau dikenal juga dengan nama Green Canyon yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Green Canyon yah, bukan Grand Canyon. Kalau Grand Canyon adanya di Amerika. Cukang Taneuh ini merupakan sungai besar.
Cukang Taneuh ini berjarak sekitar 1 jam dari Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran. Cukup jauh memang. Jalan akses ke lokasi juga jelek, tidak tersedia angkutan umum, sehingga untuk menjangkaunya lebih enak jika menggunakan mobil pribadi. Namun jika tidak, bisa sewa mobil bak terbuka. 20 ribu/orang kalau tidak salah.

sumber foto: http://www.anneahira.com
Yang membuat Cukang Taneuh ini spesial adalah airnya yang berwarna hijau lucu dan pemandangan batu karangnya yang indah. Oleh karena itu, Cukang Taneuh ini dikenal juga dengan nama Green Canyon.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat wisata Cukang Taneuh ini. Jika kamu hanya ingin melihat pemandangan tanpa mau basah-basahan, kamu bisa sewa perahu. 1 perahu dihargai Rp. 125.000 dengan maksimal 6 orang. Kamu bisa menyusuri sungai dengan segala keindahannya sambil foto-foto batu karang dan air sungai yang fotogenic. Namun, kamu jika hanya menggunakan perahu saja, kamu tidak akan dapat menjangkau air terjun. Untuk menjangkau air terjun, kamu harus berenang. Jika kamu ingin berenang menuju air terjun, kamu harus tambah biaya Rp. 20 ribu lagi sudah termasuk life jaket. Di lokasi air terjun, kamu bisa loncat-loncat dari batu karang yang sangat tinggi. Ada lagi paket lain yang ditawarkan Cukang Taneuh yaitu body Rafting. Biaya yang ditawarkan adalah Rp. 200 ribu/orang. Nah selain wisata sungai, Cukang Taneuh juga menawarkan hiburan lainnya seperti flying fox.
Setelah lelah beraktifitas dan kelaparan, kamu bisa membeli makanan di sekitar area wisata. Makanan yang tersedia cukup beragam dan dengan harga yang tejangkau.
Oh iya, di akhir pekan, tempat wisata Cukang Taneuh ini akan cukup dipadati pengunjung. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena perahu yang tersedia juga sangat banyak sehingga kamu tidak perlu lama-lama mengantre. Usahakan datang ketika musim kemarau, karena ketika musim hujan, air sungai Cukang Taneuh tidak akan hijau, melainkan berwarna coklat.
Selamat berlibur.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »