Tips Memilih Semangka Merah dan Matang

Memilih semangka itu memang tidak begitu mudah, karena kamu tidak bisa memeriksa isinya untuk melihat apakah si semangka sudah matang atau belum. Mana kalau beli semangka itu biasanya harus satu bulatan dengan berat 4 kg-an. Jika salah pilih, kamu harus bersedih hati menghabiskan 4 kg semangka yang kurang enak.

sumber foto: http://4.bp.blogspot.com

Nah tapi jangan khawatir, Karena ada tips-tips untuk terhindar dari salah pilih ketika beli semangka seperti berikut ini:
1.   Pilih yang gadisnya berwarna gelap
Garis pada semangka yang berwarna tua menandakan bahwa si semangka sudah tua, dan bisa dipastikan bahwa rasanya manis.

2.   Pilih yang tangkainya kering
Indikator bahwa semangka sudah matang juga adalah tangkainya yang kering. Lalu coba tarik tangkai yang mengering itu dari semangkanya. Jika mudah saat ditarik, itu berarti semangka memang matang.

3.   Pilih yang berat
Ada semangka matang tapi sudah tidak segar lagi. Semangka yang tidak segar lagi biasanya kemanisan ya berkurang. Nah, pilihlah semangka yang berat, karena semangka berat mengandung banyak air yang menandakan bahwa semangka masih segar.

4.   Tepuk-tepuk
Setelah memastikan bahwa semangka sudah matang, untuk memeriksa tingkat kesegarannya, selain dengan memilih yang berat, juga coba tepuk tepuk dengan tangan. Jika bunyinya nyaring bergema, kemungkinan semangka kandungan airnya sedikit. Pilih yang bunyinya tidak bergema.

5.   Pilih semangka lokal
Semangka Import biasanya melewati proses yang lama untuk memasuki pasar Indonesia. Maka pilihlah semangka lokal karena biasanya lebih segar karena menjalani proses distribusi yang tidak terlalu lama.

6.   Semangka manis saat musim kemarau
Semangka termasuk buah yang berkembang dengan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari yang cukup di musim kemarau membuat semangka berkembang dengan baik dan menjadi manis.

Jika sudah mempertimbangkan semua poin di atas, kamu tidak akan lagi memilih semangka yang salah.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »