Waspada Keputihan


Waspada keputihan ladies, keputihan merupakan masalah umum yang dihadapi kaum hawa. Hampir semua wanita mengalami keputihan. Keputihan mungkin saja  merupakan hal wajar atau tidak karena keputihan itu sendiri dibagi pada dua jenis: normal dan abnormal. Jika kamu mengalami masalah keputihan juga, kamu harus mengenali apakah yang kamu derita merupakan keputihan normal atau abnormal karena keputihan abnormal bisa saja merupakan alarm bahwa kamu memiliki masalah dengan organ kewanitaan kamu.

Waspada Keputihan


Berikut ciri-ciri keputihan normal:


1. Bening atau putih susu
2. Cair
3. Tidak berbau
4. Tidak terlalu banyak
5. Tidak menyebabkan gatal
6. Mungkin terjadi saat pra atau pasca menstruasi, pasca melahirkan, ketika ovulasi, jika alergi celana dalam atau kondom, saat stres atau saat terangsang aktifitas seksual.

Keputihan yang biasanya disebabkan oleh hormon ini bersifat normal dan tidak berbahaya bagi kesehatan kamu.

Adapun keputihan abnormal, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Berwarna kehijauan, kuning keju, bahkan disertai bercak merah darah
2. Kental
3. Berbau
4. Cairan yang dikeluarkan banyak
5. Menyebabkan gatal atau perih bahkan disertai luka disekitar daerah kewanitaan

Keputihan jenis ini dapat disebabkan oleh parasit, virus atau jamur yang bisa membahayakan diri kamu. Keputihan seperti ini juga bisa jadi merupakan pertanda jika kamu mengidap kanker rahim. Maka jika kamu mengalami keputihan abnormal ini segeralah ke dokter. Biasanya kamu akan diberi obat keputihan yang diminum atau dimasukan ke vagina khusus wanita yang sudah menikah.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »