Apakah Benar Dia Sahabat Kamu?

Sahabat adalah orang yang penting dalam hidup kita yang biasanya berasal dari luar keluarga alias asal muasalnya teman. Meski tak jarang, ada juga orang yang menganggap ortu, kakak, sepupu, atau entah siapa yang masih keluarganya itu dianggap sahabat karena suka menolong dan tempat curhat. Mencara sahabat gampang-gampang susah. Bila kamu mendapatkan lingkungan yang baik dan bagus (menurut kamu) kemungkinan lebih mudah mendapatkan sahabat yang cocok untuk kamu.

Tapi jangan sembarangan pilih, ada kalanya orang yang kita percaya dan sayang itu ternyata di luar dugaan kita. Agar tak berujung kecewa, berikut ini adalah hal-hal yang mesti diperhatikan dalam memilih sahabat.

http://2.bp.blogspot.com/-Xo6_N_ewP20/U3esKAJhGHI/AAAAAAAAB_s/As9pvJS1NBw/s1600/gambar-persahabatan-sejati-gif.gif
sumber foto: http://2.bp.blogspot.com

1.    Saling Menghargai

Kalau kamu melulu yang menghargai dia karena terjebak bareng sama dia, sebenarnya itu berat ya untuk dibilang sahabat. Itu artinya kamu cuma kejebak sama orang yang belum tentu sayang tulus sama kamu. Kalau dia tulus hatinya ingin bersahabat dengan kamu, dia pasti menghargai kamu.

Sesekali bisa saja sih khilaf dia nggak ngehargain kamu. Tapi kalau berkali-kali? Serius kamu betah sahabatan sama dia?


2.    Saling Terbuka dan Berbagi

Ada kalanya privasi pada teman lain, tetapi seorang sahabat biasanya tak enggan menceritakan segala hal tentang dirinya, perasaannya, atau yang dia alami. Saling terbuka ini bisa terjadi karena dilandasi kepercayaan. Percaya bahwa seorang sahabat tak akan membukan aib sahabatnya. Suka dan duka diceritakan.
Kalau punya rezeki bagi-bagi kalau nggak punya yang dibagi… wkwkkw. Ada kalanya segelintir orang di sekitar kamu cuma baik pas ada perlunya doang… Pas kamu perlu mereka kemana?

3.    Punya Selera Humor yang Sama
Tidak harus sama seratus persen, setidaknya kamu sering ketawa bareng dia. Ini ketawa yang real ya, yang bener-bener lucu menurut kalian, bukan kamu pura-pura ikutan ketawa padahal kagak ada lucu-lucunya menurutmu.

Nggak asyik kan kalau kamu punya seleras humor yang berbeda dengannya, kamu pasti bakalan cepat bosan. Misalnya, teman dekat kamu punya selera humor hina-hina fashion orang sementara kamu risih banget dengan hal gitu. Apa yang akan kamu lakukan?


4.    Peduli dan Gemar Tolong Menolong

Peduli dan suka nolongin kamu, misalnya kayak gini…
  • Yang namanya sahabat pasti peduli ketika kamu sakit, bahkan saat anggota keluarga kamu sakit pun dia menengoknya.
  • Saat kamu kesusahan dia datang menolong tanpa pamrih.
  • Saat kamu minta saran pun, dia bakalan ngasih solusi yang terbaik seobjektif mungkin.
  • Pokoknya dia care banget dan bisa bikin kamu nyaman sama dia

5.    Tenggang Rasa

Yang namanya sahabat sejati pasti ngerasa senang pas kamu senang dan sedih pas kamu sedih. Jadi, dia nggak mau lihat kamu sedih karena itu menyakitinya juga. Dia juga akan berusaha membahagiakan kamu semampunya.


6.    Apakah Sahabat Boleh Iri?

Seiri-irinya sahabat dengan kebahagian kamu, dia nggak bakal iri sampai benci dan pengen ngejatuhin kamu. Di kala kamu punya rezeki lebih, barang baru, menang undian, dan lain-lain wajar kalau dia sedikit iri. Tapi keiriannya itu sangat kecil dan nggak mungkin menandingi besarnya rasa ikut bahagia lihat kamu punya sukses atau banyak rezeki.

Di dalam hati sanubarinya yang terdalam, dia selalu mendoakan kamu supaya bahagia…


Nah, sudahkan kamu menemukan sahabat sejatimu? :)
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »