Awas Waspada Hipotensi


Pernahkah kamu mendengar kata "Hipotensi"? Mungkin bagi sebagian orang tekanan darah rendah atau hipotensi tidak lebih sering terdengar dibanding tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal, penyakit hipotensi tidak kalah berbahayanya dengan penyakit hipertensi. Nah, jika hipertensi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah kemudian stroke, hipotensi yang terus menerus dapat menyebabkan gagal ginjal, otak, paru, jantung dan hati.

Awas Waspada Hipotensi

Ada juga beberapa orang yang salah mengartikan antara hipotensi dan kurang darah atau anemia. Anemia sendiri memang salah satu penyebab hipotensi. Penyebab hipotensi lainnya yaitu bisa oleh rendahnya asupan cairan atau dehidrasi, kurang gizi, turunnya kinerja jantung yang berfungsi untuk memompa darah, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat penurun tekanan darah, rendahnya kadar oksigen darah, tingginya kadar asam pada darah, dll.

Tekanan darah yang normal untuk seseorang yang berusia 20 hingga 30 tahun biasanya berada di angka 120/80. Jika sudah berada diangka 90/60 sudah bisa dikatakan derita tekanan darah rendah. Jika lebih rendah dari itu, sudah sangat harus waspada dan mendapatkan penanganan yang lebih serius oleh dokter.

Adapun ciri-ciri penderita hipotensi atau tekanan darah rendah adalah seperti berikut ini:

1.  Pusing, pandangan sering berkunang-kunang, dunia tampak berputar
2.  Lemas, letih, lesu dan tidak bersemangat
3.  Mual bahkan muntah
4.  Muka pucat
5.  Kedinginan
6.  Cepat lelah
7.  Cepat haus
8.  Depresi
9.  Nafas dangkal

Apabila kamu mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, maka penanganan cepat untuk penyakit hipotensi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti hati, susu, sayuran, cabe, madu. Hindari makanan dan minuman seperti semangka, air kelapa, mentimun, minuman dingin dan bersoda secara berlebihan. Untuk penanganan yang lebih serius adalah dengan segera berkunjung ke dokter agar nantinya mendapat perawatan yang lebih baik seperti diberi obat atau vitamin.

Demikian informasi mengenai hipotensi atau tekanan darah rendah, semoga saja bermanfaat dan selalu jaga tekanan darah kamu di angka yang normal. Sehat selalu ya..
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »