Mengurangi Resiko Terkena Kanker


Kanker merupakan hal yang sangat mengerikan bagi setiap orang. Angka penderita kankerpun tidak sedikit, yang berarti sangat mungkin sekali kamu juga terserang kanker. Apalagi dijaman sekarang ini dimana radikal bebas sudah bertebaran dimana-mana.

Kanker sendiri disebabkan oleh perkembangan sel-sel yang tidak terkendali sehingga membentuk benjolan. Jika kanker sudah sangat berkembang atau sudah pada tahap stadium lanjut, maka si sel-sel akan terus berkembang dan tak terkendali, merusak sel-sel sehat lainnya.


Mengurangi Resiko Terkena Kanker


Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kanker, diantaranya:


1.  Jangan merokok dan minum minuman beralkohol

Rokok dan pengkonsumsian alkohol berpotensi meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu sel kanker untuk berkembang. Perokok dan pemabuk memiliki resiko kanker jauh lebih tinggi daripada mereka yang bukan.


2.  Pilih makanan

Pemilihan makanan merupakan salah satu hal yang paling berpegaruh terhadap resiko kanker. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin, antioksidan dan kandungan baik lainnya.

Sebaliknya hindari makanan olahan yang berlemak tinggi, msg, pemanis buatan atau pewarna. hindari juga mengolah bahan makanan berprotein tinggi dengan suhu yang terlalu tinggi karena berpontensi menghasil zat prokarsinogen yang memicu sel kanker. Jaga juga kebersihan makanan kamu. Jangan sampai mengkonsumsi makan yang terkontaminasi bahan berbahaya seperti logam berat, borak, dll.

3.  Gunakan sun block

Paparan sinar matahari terik langsung merupakan faktor utama yang merusak kulit, juga berpotensi untuk menyebabkan kanker kulit. Apalagi jika kulit kamu putih dan mudah terbakar yang merupakan indikasi jika kandungan pigmen kamu sedikit. Gunakanlah sunblok setiap kali kamu harus keluar di siang hari sekitar jam 9-17.


4.  Olahraga

Olahraga hampir baik untuk segala hal. Olahraga membuat tubuh kamu sehat dan aktif memperbaiki diri. Olahraga secukupnya membuat peredaran darah lancar dan metabolisme bagus sehingga resiko berkembangnya sel kanker berkurang.


5.  Kurangi berat badan

Orang gemuk dan yang kandungan lemaknya banyak lebih berpontensi untuk terpicu perkembangan sel kankernya, sehingga jika kamu ingin mengurangi resiko kanker, jaga agar kandungan lemak tubuh tidak berlebihan.

Ayo hidup sehat dan lakukan pencegahan kanker sejak dini.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »