Siklus Menstruasi Normal dan Gangguan Menstruasi



Setiap wanita dewasa normal pasti mengalami menstruasi, yaitu luruhnya lapisan rahim yang kemudian dikeluarkan melalui vagina berbentuk cairan seperti darah. Menstruasi sendiri terjadi akibat telur-telur yang dikeluarkan indung telur dalam proses ovulasi yang berfungsi untuk mempersiapkan kehamilan ternyata tidak dibuahi. Siklus menstruasi itu sendiri adalah proses ovulasi tersebut atau biasa disebut dengan masa subur.

Siklus menstruasi normal berbeda pada tiap wanita tergantung lama menstruasi dan jadwal menstruasi masing-masing. Cara menghitungnya mudah saja, yaitu dengan menghitung hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya.


Siklus Menstruasi


Misal jika kamu bulan ini menstruasi pada tanggal 1 januari, dan menstruasi merikutnya tanggal 28 februari, berarti siklus menstruasi kamu berlangsung 27 hari. Siklus menstruasi normal sendiri dapat berlangsung sekitar 21 - 35 hari. Kurang atau lebih dari itu, jika berlangsung terus-menerus, maka bisa dikatakan bahwa siklus menstruasi kamu tidak normal. Maka, jika itu terjadi, segeralah periksakan ke dokter.

Selain kelainan siklus menstruasi, ada juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan mengenai masalah menstruasi kamu, yaitu:


1.  Menstruasi berlangsung terlalu lama.

Normalnya, wanita mengalami menstruasi tidak lebih dari hanya 7 hari saja.

2.  Menstruasi terlalu banyak

Terlalu sering berganti pembalut karena darah yang dikeluarkan terlalu banyak, bisa jadi merupakan indikator dari kelainan menstruasi. Normalnya, pembalut tidak akan penuh dulu sebelum satu jam.

3.  Flek hitam pada darah

Menstruasi normal mengeluarkan darah merah segar. Jika diantara darah itu terdapat flek coklat kehitaman, kamu sudah harus waspada.


4.  Nyeri yang terlalu

Nyeri pinggang atau perut wajar saja dan dialami banyak wanita. Namun, nyeri yang terlalu hebat sampai mengganggu aktifitas kamu sehari-hari bisa saja bukan suatu kewajaran.

Jika ketidaknormalan menstruasi itu kamu alami, kamu sebaiknya pergi memeriksakannya ke dokter, karena ada beberapa penyakit rahim seperti kista, mioma, bahkan kanker yang gejalanya terlihat dari menstruasi kamu.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »