Waspada! Tanda Ginjal Bermasalah


Tanda Ginjal BermasalahGinjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam sistem pembersihan darah dan pembuangan zat sisa dalam tubuh. Jika ginjal bermasalah, kotoran tersebut akan susah untuk keluar tubuh dan lama-kelamaan akan menumpuk.

Kerusakan ginjal sendiri bisa disebabkan berbagai macam hal seperti, peradangan akibat infeksi bakteri dan virus, adanya luka akibat alergi makanan atau terkontaminasi logam berat, kelainan darah dalam bentuk kelebihan gula dalam darah atau protein darah yang bocor ke ginjal, penumpukan kotoran yang lama kelamaan membentuk batu ginjal, dan banyak lagi.

Kelainan ginjal sendiri biasanya akan terdeteksi ketika sudah menginjak stadium lanjut, dikarenakan seringnya orang mengabaikan gejala-gejala awalnya. Sangat penting bagi kita mengetahui sedini mungkin tanda-tanda jika ada masalah pada ginjal. Setidaknya ada 11 tanda masalah pada ginjal di tubuh kamu yaitu sebagai berikut:





1.   Susah buang air kecil
2.   Anemia
3.   Hipertensi
4.   Pusing dan mual
5.   Tidak nafsu makan
6.   Gangguan kulit seperti gatal dan ruam
7.   Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti wajah atau kaki
8.   Sulit buang air besar
9.   Air liur kering
10.  Mata cekung
11.  Sakit pinggang

Apakah kamu pernah mengalami tanda-tanda tersebut? Jika iya segera check up ke dokter untuk berjaga-jaga. Kelainan pada ginjal juga dapat dideteksi melalui urin. Jika ingin akurat, bisa melakukan medical check up ke dokter. Namun bisa juga dicek sendiri.

Urin penderita penyakit ginjal warnanya bisa berubah tidak normal. Jika Urin orang sehat tidak berwarna atau bening hingga kekuningan, yang urinnya sudah ke tahap kuning pekat bahkan kehijauan harus sudah waspada. Ada juga bahkan yang disertai busa jika kerusakan ginjal disebabkan oleh protein dari darah yang bocor ke ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjalmu, kamu bisa memperbanyak meminum air putih, makan makanan sehat, pastikan makan makanan yang bersih dan tidak mengandung batu atau logam. Kamu juga bisa melakukan medical cek up secara rutin ke rumah sakit.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »