(hanya ketika mepet) Tips Menghadapi Jenuh Kuliah

(hanya ketika mepet) Tips Menghadapi Jenuh Kuliah
Mahasiswa dapat mengalami kejenuhan dalam kuliah mengingat kuliah itu merupakan sebuah rutinitas yang kurang lebih begitu begitu aja terlebih kegiatan perkuliahan memiliki kesulitan tersendiri kadang. Kejenuhan yang amat sangat dalam menjalani kuliah harus disiasati dengan baik karena jika tidak, salah-salah kamu gagal dalam mata kuliah tertentu atau kegiatan perkuliahan itu tidak maksimal. Berikut ada beberapa tips untuk mensiasati jenuh dalam kuliah:

1.   Pastikan kamu memiliki sahabat yang bisa diandalkan
Lebih baik jika kamu memiliki teman yang super rajin dan baik hati yang nantinya bisa kamu mintai informasi disaat kamu perlukan.

2.   Paksakan kuliah tanpa bolos di awal-awal perkuliahan
Awal-awal perkuliahan biasanya merupakan hari-hari yang masih penuh semangat pasca kamu liburan. Jadi manfaatkan semangat kamu untuk menjalani kuliah kamu dengan benar. Biasanya kamu dapat mempelajari rencana pembelajaran pada silabus yang diberikan dosen.

3.   Pelajari dengan benar aturan main tiap mata kuliah
Dengarkan dan pahami baik-baik aturan yang diberlakukan oleh dosen tiap mata kuliah terlebih permasalahan kehadiran dan jumlah quiz. Biasanya tiap mata kuliah memberi toleransi atas ketidak hadiran 20%.

4.   Ambil jatah bolos sekaligus
Ditengah perkuliahan biasanya merupakan puncak kejenuhan kuliah. Nah, kamu bisa mengambil jatah bolos kamu yang 20% itu. 20% biasanya setara dengan 2x pertemuan. Berarti kamu bisa liburan selama 2 minggu dengan bolos 2x pertemuan tiap mata kuliah. Usahakan ambil waktu ketika tidak ada quiz atau ujian yang infonya dapat kamu peroleh pada silabus.

5.   Minta bantuan teman untuk mensiasati
Nah, ketika kamu bolos, kamu dapat meminta bantuan teman kamu yang disebutkan di poin pertama itu. Kamu bisa meminta info mengenai tugas, materi perkuliahan yang kamu lewatkan, syukur-syukur kalau bisa titip tanda tangan kehadiran.

6.   Kembali kuliah dengan perasaan segar
Setelah kamu liburan selama 2 minggu, biasanya kamu akan merindukan dan bersemangat untuk berkuliah lagi.

Semoga menginspirasi :)
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »