5 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami



Apakah Anda memiliki masalah perut buncit saat ini?. Kenali penyebab perut buncit yang menjadi masalah Anda. Di tengah gaya hidup yang serba cepat, semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan tidak sehat dengan kandungan lemak yang tinggi. 

Perut buncit juga mengindikasikan seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan dalam tubuh. Sudah banyak obat yang beredar mengklaim dapat mengecilkan perut dalam waktu yang cepat. Tapi hal ini harus Anda waspadai karena obat-obatan tersebut bisa saja mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh seperti ginjal dan liver. 

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami


Alangkah baiknya Anda mencari cara mengecilkan perut secara alami yang minim efek samping berbahaya. Perut buncit disebabkan oleh adanya timbunan lemak dalam tubuh yang tidak dapat dikeluarkan secara sempurna melalui kotoran. Perut buncit biasanya lebih banyak diderita oleh pria dibanding oleh wanita. 

Namun, seiring dengan berubahnya gaya hidup, maka baik pria maupun wanita juga rentan terhadap perut buncit. Perut buncit pada wanita muncul pasca melahirkan. Namun, perut buncit tersebut akan mengecil dengan sendirinya dengan bantuan olahraga yang rutin. 

Perut buncit yang tidak segera diatasi akan mendatangkan masalah yang serius bagi kesehatan seperti obesitas, liver, gagal ginjal, jantung hingga kanker. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan kimiawi pastikan untuk memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam setiap gram obat tersebut. 

Cara mengecilkan perut secara alami lebih direkomendasikan karena efek sampingnya yang tidak berbahaya. Ada beberapa cara mengecilkan perut secara alami yang bisa dicoba. Jangan biarkan perut Anda semakin membuncit, atasi dengan cara-cara alami berikut ini: 


1. Mengonsumsi Alpukat 

Alpukat merupakan buah yang mengandung asam amino (lesitin) yang membantu mengatur berat badan. Meskipun alpukat mengandung lemak namun lemak yang dihasilkan merupakan lemak yang baik bagi tubuh khususnya pencernaan karena mudah diserap. 

Anda bisa membuatnya menjadi jus sebagai menu pendamping sarapan. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah tanpa ditambahkan pemanis dan susu.


2. Mengonsumsi Semangka

Menurut sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Asosiasi Diet Amerika mengungkapkan bahwa semangka merupakan buah yang sangat baik untuk mengurangi lemak yang tertimbun dalam perut. 

Semangka mengandung kadar air hingga mencapai 91 persen sehingga sangat baik untuk tubuh terutama perut. Anda bisa meminum jus semangka tanpa gula setiap hari selama delapan minggu pada pagi dan siang hari.

3. Mengonsumsi Tomat Segar

Tomat memiliki sekitar 33 kalori dalam setiap satu buahnya. Buah ini mengandung senyawa 9-oxo- ODA yang dapat mengurangi lipid darah sehingga membantu mengontrol lemak dalam perut. Selain itu, senyawa ini juga dapat melawan berbagai macam penyakit kronis yang disebabkan oleh timbunan lemak pada perut. 

Tomat juga kaya akan vitamin A dan C yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tomat dapat disajikan bersama salad sayuran ataupun dibuat menjadi jus dengan campuran gula yang sedikit atau rendah kalori.


4. Berolahraga

Untuk mengecilkan perut dibutuhkan usaha yang konsisten. Memang terdengar klise jika mengecilkan perut dapat dilakukan dengan cara berolahraga, namun begitulah kenyataannya. Olahraga untuk mengecilkan perut biasanya bersifat cardio seperti jogging, bersepeda, melakukan treadmill dan sebagainya. 

Lakukan beberapa olahraga tersebut secara teratur selama 4-6 hari sekali dengan durasi waktu antara 40-60 menit. Jangan lupa untuk melakukan stretching atau peregangan otot-otot sebelum memulai olahraga.

Baca Selengkapnya: Pengalaman OCD turun 4Kg Dalam 2 Minggu


5. Tidur Yang Cukup

Bagi Anda yang menderita insomnia, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis yang menangani masalah gangguan tidur. Pola tidur yang tidak teratur selain melemahkan fungsi kerja otak, juga membuat perut semakin buncit dan berat badan Anda akan semakin naik. 

Ketika Anda kurang tidur, tubuh menghasilkan hormon yang dinamakan dengan hormon ghrelin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Di saat yang bersamaan ternyata hormon leptin yang berfungsi menekan nafsu makan menurun sehingga Anda akan selalu merasa lapar. 

Oleh karena itu ubah kebiasaan tidur Anda agar terhindar dari perut buncit. Tidur yang baik untuk orang dewasa berlangsung selama 7-8 jam sehari.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut secara alami. Perut yang buncit tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga mempengaruhi penampilan. Ubahlah gaya hidup Anda sekarang juga.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »