Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Dengan Bahan Alami


Masa kehamilan merupakan masa yang begitu dinantikan bagi setiap pasangan. Ada beberapa pasangan yang menunggu momen ini setelah bertahun-tahun lamanya. Kehamilan bagi calon ibu adalah hal yang sakral dan tidak boleh terlewatkan setiap detiknya. 

Ada begitu hal yang menyenangkan sekaligus menyusahkan selama kehamilan. Hal yang cukup menyusahkan terjadi pada trimester pertama dimana wanita mengalami mual dan muntah dengan intensitas yang cukup sering. Mual dan muntah merupakan hal yang wajar karena ada perubahan kondisi hormon dalam tubuh. Ada banyak cara menghilangkan mual saat hamil berupa obat dan antibiotik yang diresepkan oleh dokter maupun membelinya di apotek.


Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil


Mual saat hamil merupakan kondisi normal yang sering dikenal dengan morning sickness. Mual biasanya terjadi pada awal kehamilan dari minggu pertama hingga minggu ketiga. Namun, ada juga yang mengalami mual hingga berbulan-bulan lamanya.

Hal ini disebabkan oleh metabolisme tubuh setiap wanita yang berbeda. Walaupun sering disebut dengan morning sickness, nyatanya mual dapat terjadi kapan saja baik pagi, siang, malam atau sepanjang hari. 

Penyebab mual sendiri diantaranya peningkatan kadar hormon estrogen, adanya produksi hormon HCG (human chorionic gonadotropin) atau bisa jadi karena infeksi saluran kencing, yang terakhir perlu Anda periksakan segera ke dokter agar tidak membahayakan janin. 

Mual sebetulnya tidak berbahaya namun jika intensitasnya sering disertai gejala-gejala lainnya maka Anda patut waspada. Gejala lain yang dimaksud seperti penurunan badan secara drastis dan mengalami dehidrasi. 

Jika sudah seperti ini kemungkinan besar penyebabnya adalah hyperemesis gravidarium dan hamil anggur. Oleh karena itu perhatikan frekuensi muntah Anda setiap harinya. Untuk Anda yang tidak betah dengan rasa mual yang begitu mengganggu, ada beberapa cara menghilangkan mual saat hamil dengan ramuan bahan tradisional.

Cara menghilangkan mual saat hamil dengan menggunakan bahan alami terbukti cukup ampuh mengusir rasa mual yang tidak tertahankan. Berikut ini ada beberapa bahan yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa mual yang tidak mengenakkan.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan herbal yang sudah terbukti khasiatnya untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Jahe juga sering digunakan sebagai obat herbal anti mabuk dan mual. Bagi Anda yang sedang hamil mengonsumsi jahe cukup disarankan untuk dicoba karena jahe memiliki aroma khas yang menenangkan dan memberi sinyal rileks menuju otak. 

Anda cukup menggigit satu buah jahe atau meminum rebusan air jahe. Rebusan air jahe diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

2. Kunyit dan Kencur

Anda pasti sudah tidak asing dengan dua bahan herbal ini. Kunyit dan kencur sering dijadikan sebagai jamu tradisional penyegar badan dan pencerah kulit. Kunyit dan kencur memiliki kandungan mineral, zat besi, alkaloid dan kamphane yang dapat meredakan rasa mual.

Untuk membuat ramuannya, sediakan 1 rimpang kunyit dan 2 rimpang kencur. Kupas kunyit dan kencur lalu cuci sampai bersih. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus kemudian peras dan saring. Lalu, tambahkan air matang secukupnya dan minum setiap hari 2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan gula aren di dalamnya.

Baca Selengkapnya: Siklus Menstruasi Dan Gangguannya

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Pisang mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat mengurangi rasa mual pada wanita hamil serta membantu perkembangan saraf-saraf otak pada janin. 

Konsumsilah buah pisang pada menu sarapan, makan siang dan makan malam. Anda tidak perlu menghaluskannya karena pisang mudah ditelan. Tapi jika Anda ingin memakannya layaknya memakan bubur, Anda cukup menggerusnya dengan sendok.

4. Daun Mint

Daun mint merupakan salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai penyegar nafas dan mulut. Selain itu, daun mint juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan untuk membantu meredakan rasa mual pada wanita hamil. 

Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun mint pada pagi hari atau saat Anda mulai merasa mual. Daun mint dapat ditemukan di beberapa supermarket.

Itulah beberapa cara menghilangkan mual saat hamil dengan bahan alami. Bahan-bahan terbukti cukup ampuh mengatasi mual saat masa kehamilan. Namun, jika mual dirasa sangat mengganggu disertai dengan gejala lain, segera periksakan diri ke dokter.

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »