Lewati Waktu Sarapan, Akan Hambat Pertumbuhan Janin Ibu Hamil


Ada banyak hal yang sebenarnya sangat berpengaruh atas pertumbuhan janin ibu hamil. Salah satunya adalah nutrisi. Bagi ibu hamil, nutrisi harus senantiasa diberikan dengan optimal agar pertumbuhan si janin didalam rahim juga senantiasa sempurna dan terarah.

Sehubungan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil, salah satu hal yang juga berpengaruh adalah sarapan. Jika ibu hamil tidak sarapan atau bahkan melewatkan waktu sarapan, bisa jadi pertumbuhan janin ibu hamil didalam rahim juga akan terhambat. Hal ini yang harus senantiasa diperhatikan. Agar sarapan ibu hamil jadi lebih menyenangkan, berikut informasi tentang tips sarapan ibu hamil yang kamu wajib lakukan.


tips sarapan untuk dukung pertumbuhan janin ibu hamil

6 Tips Sarapan Untuk Dukung Pertumbuhan Janin Ibu Hamil


1. Konsumsi berbagai jenis makanan

Ketika hamil utamanya di trimester pertama kehamilan, kamu memang akan mudah mengalami mual. Ketika kamu mengalami mual ini utamakan jangan sampai kamu melewatkan waktu sarapan karena hal ini akan berdampak kurang baik pada kesehatan janin kamu. 

Konsumsi berbagai jenis makanan sebagai pengganti jenis makanan yang tidak kamu konsumsi karena mual. Misalkan ketika kamu tidak bisa minum susu karena mual, ganti dengan makanan berupa sayur atau ikan yang kaya kandungan protein dan kalsium didalamnya. Salah satu makanan pengganti susu yang sangat cocok untuk kamu konsumsi adalah puding, oatmeal dan berbagai jenis olahan yang lainnya.

2. Hindari makanan pedas

Ada baiknya untuk kamu hindari aneka ragam makanan yang pedas. Hal ini karena berbagai macam makanan pedas akan berdampak kurang baik pada kesehatan kamu. Bahkan janin kamu juga akan terganggu jika kamu suka dengan mengonsumsi aneka ragam makanan pedas.

3. Hindari makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis

Ada baiknya untuk kamu hindari berbagai macam makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis. Makanan yang banyak mengandung santan ada baiknya kamu hindari termasuk makanan berpemanis tinggi seperti sirup dan sejenisnya. Kemudian mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi juga sangat perlu kamu hindari.

4. Jangan mengonsumsi kopi

Ada baiknya untuk kamu jangan sampai mengonsumsi kopi. Hal ini juga berlaku pada creamer. Jangan kamu mengonsumsi creamer. Jika perlu kamu juga dapat ganti dengan mengonsumsi teh hangat yang beraromakan peppermint atau aroma yang lainnya.

5. Kurangi makanan yang terlalu basah

Ada baiknya untuk kamu mengonsumsi makanan yang ringan, kering dan juga menyegarkan. Misalkan kamu dapat mengonsumsi kraker serta juga buah kering dalam jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Ada baiknya juga kamu memilih makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Kemudian makan dengan porsi yang kecil tetapi sering. Memilih sarapan berupa sereal juga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu.

6. Jangan lupa minum air putih

Mengonsumsi air putih juga penting untuk kamu. Ada baiknya kamu untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Ketika sarapan kamu juga dapat mengonsumsi air putih sekitar 1 - 2 gelas sehingga bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dalam sehari.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk kamu tentang tips sarapan untuk dukung pertumbuhan janin ibu hamil. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ladies.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »