Beberapa Jenis Penyakit Gatal Pada Kulit Dan Cara Mengatasinya


Gatal memang merupakan salah satu masalah yang kerap dialami dan terjadi pada area kulit. Hal ini memang wajar terjadi, karena kulit merupakan salah satu bagian terluar pada tubuh, yang rentan terserang infeksi bakteri, hingga serangga yang bisa menyebabkan infeksi. Nah, untuk penyakit gatal pada kulit ini memang saat ini banyak sekali macamnya. Mulai dari yang ringan, bahkan hingga sampai dalam tahapan berat, yang perlu mendapatkan penanganan yang khusus untuk mengatasinya.

Ada banyak jenis penyakit gatal pada kulit ini, yang mesti kamu ketahui penyebab, hingga cara penanganannya dan juga ciri-ciri khususnya yang tentu saja mesti kamu ketahui secara lebih lanjut. Penyakit ini biasanya merupakan penyakit menular yang tentu saja mesti ditangani secara cepat, agar tidak menular. Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit gatal pada kulit yang bisa kamu ketahui secara lebih lanjut dan cara mengatasinya, berikut ini. 

 Beberapa Jenis Penyakit Gatal Pada Kulit Dan Cara Mengatasinya 

Jenis-Jenis Penyakit Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya


1. Jerawat

Jerawat menjadi salah satu jenis gangguan pada kulit, yang jika sudah dalam tahap ektrim akan terasa sangat gatal, dan bisa menyebabkan nanah dan bintik merah pada area kulit. Jerawat ini sendiri bisa terjadi disebabkan karena adanya bakteri dan juga kotoran yang menumpuk. Aliran darah yang tidak lancar, dan juga aliran saluan pembuangan pada tubuh, juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat. Baik itu pada area punggung, hingga area dada, dan wajah pada umumnya. kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan herbal alami mengatasi jerawat.

2. Eksim

Penyebab dari adanya penyakit eksim ini adalah karena kulit terlalu sensistif, dan reaksi alergi pada beberapa makanan tertentu. Eksim ini sendiri, juga bisa terjadi karena adanya alergi dan infeksi bakteri yang cukup parah. Gejalanya adanya ruam pada bagian kulit, dan bisa menyebabkan bengkak hingga kemerahan karena sering digaruk. Untuk perawatan dari eksim ini sendiri, kamu bisa menggunakan salep medis, atau bisa dengan mandi dengan air yang mengandung belerang. Antibiotik juga menjadi obat bagian dalam untuk penyakit eksim ini.

3. Panu

Penyakit gatal lainnya pada kulit adalah panu. Penyakit kulit yang satu ini, disebabkan karena bakteri dan jamur yang menyerang area kulit, sehingga bisa menimbulkan terjadinya bercak putih yang bisa terus menyebar. Biasanya, untuk mengatasi penyakit panu ini sendiri, kamu bisa menggunakan lengkuas untuk obat alaminya, atau bisa dengan salep dan obat khusus panu.

4. Kudis

Nah, yang satu ini juga termasuk kedalam salah satu yang menjadi jenis penyakit gatal pada kulit kamu. Serangan tungau, atau kutu kecil, merupakan hal yang bisa menyebabkan kudis terjadi. Penyakit yang ini, akan menimbulkan bercak kemerahan pada kulit kamu. Dan menyebabkan infeksi pada kulit kamu, serta menjadi salah satu jenis penyakit yang menular. 

Nah, dengan mengetahui apa saja jenis penyakit gatal pada kulit, tentu saja bisa menambah pengetahuan kamu dan juga bisa menjadi sarana pencegahan agar tidak sampai terjangkit penyakit kulit tersebut. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »