Inilah 7 Buah Yang Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung


Organ vital yang sangat penting bagi tubuh salah satunya merupakan jantung. Karena jantung bertugas sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Kendati bahwa anda masih hidup hingga sekarang berkat adanya  kerja jantung tersebut. Akan tetapi, jika jantung tidak bekerja dengan baik. Bagaimana yang terjadi pada tubuh kita? Apakah akan ada gangguan komplikasi terhadap jantung?

Walaupun jantung tidak terlihat secara kasat mata, namun anda harus senantiasa menjaganya. Menerapkan gaya hidup dan pola makan yang baik berarti menunjukan karena anda sayang terhadap jantung yang dimilikinya. Jika sebaliknya tentu akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, tidak lain yakni penyakit jantung. Untuk anda yang sampai saat ini masih menderita penyakit jantung, segeralah konsumsi buah-buahan yang sehat seperti di bawah ini. 


7 Buah Yang Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

7 Buah Yang Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung


1. Buah Jeruk

Siapa yang tidak menyukai buah yang satu ini? Mulai dari anak kecil hingga orang tua dirasa buah ini cukuplah terkenal baik akan rasanya yang menyegarkan tubuh. Karena itulah bua jeruk sebagai makanan yang dapat menjaga tubuh agar tetap segar dan sehat. Terutama bagi penderita penyakit jantung, untuk disarankan dapat mengonsumsinya setiap hari. Hal ini terbukti dengan kandungan buah jeruk yang dimiliki seperti kandungan hesperidin, vitamin C yang mampu menurunkan tekanan darah diastolic sekaligus meningkatkan fungsi endotel pada dinding pembuluh darah. 

2. Buah Blewah

Buah blewah yang biasanya dibuat dalam campuran es blewah termasuh jenis buah yang sehat. Buah blewah kaya akan kandungannya yang berupa beta-karoten, vitamin dan vitamin C kompleks berfungsi sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah). Kemudian berguna dalam pencegahan atherosclerosis atau membentuk plak pada dinding arteri sekaligus menekan adanya darah tinggi. 

3. Buah Delima

Dijajaran ketiga ada buah delima yang mengandung banyak polifenol yang berguna sangat baik dalam masalah penyakit jantung. Berberapa manfaat yang dapat diambil dari mengonsumsi buah delima tersebut adalah untuk mencegah sekaligus menurunkan penebalan pada dinding arteri (aterosklerosis), lantas akan selalu mengontrol kolesterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat) untuk meningkatkan HDL  (kolesterol baik). 

4. Buah Alpukat

Alpukat yang dapat anda temui di sekitaran rumah cukuplah untuk segera dikonsumsi. Atau mungkin anda bisa membelinya di pasaran, namun ingat gunakan  buah alpukat sudah masak dan terlihat segar agar semakin nikmat. Nah, alpukat sendiri memiliki kandungan yang berupa kalium dan natrium yang berguna dalam mengontrol ketegangan di dalam arteri dn kolesterol. Untuk itu, makanlah buah ini secara rutin. 

5. Buah Tomat

Tomat sangatlah bagus untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan tomat banyak terkandung vitamin C dan A, serta lycopene, phytonutrients (glycoside-esculeoside A), flavonoid (chalconaringenin), 9-oxo-octadecadienoic acid yang mampu mencegah agregasi dari trombosit. Selain itu, befungsi untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida sekaligus bekerja sebagai antaioksidan. 

6. Buah Anggur

Buah anggur berguna lebih bagi kesehatan penderita penyakit jantung. Menurut penelitiann menunjukan bahwa knadungan anggur merah dan ungu banyak terkandung resveratrol dan flavonoid yang berfungsi baik untuk meningkatkan kesehatan pada sel-sel sebagai lapisan pada pembuluh darah. 

7. Buah Kiwi

Buah kiwi kedengaranya tidak begitu akrab, namun jangan salah kiwi yang anda konsumsi merupakan salah satu diantaranya buah sehat dalam penyakit jantung. Kandungan yang banyak akan vitamin C sangat efektif dalam antioksidan dan meningkatkan kekuatan pembuluh darah serta elastisitasnya. 

Nah, itulah beberapa buah sehat yang wajib dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung. Selain itu, anda juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dan jangan lupa untuk berolahraga setiap pagi hari, agar jantung dapat berfungsi dengan baik.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »