4 Obat Tradisional Kista Ovarium dan Hal Yang Perlu Dihindari


Kista ovarium merupakan sebuah penyakit yang berupa kantung kecil berisi cairan dan berkembang  di dalam ovarium atau indung telur, bisa juga berkembang di rahim dan leher rahim. Perlu diperhatikan kista tersebut menyerang pada organ reproduksi wanita, yang tentunya sangat berbahaya bagi keberlangsungan sistem bereproduksi layaknya kodrat wanita.

Masalah lain akibat kista yakni kista pecah, nyeri haid, dan penyakit serius yang berupa kemandulan, infertilitas, bahkan kanker endometrium. Walaupun kista termasuk penyakit keturunan, namun kamu harus berhati-hati karena pola hidup juga bisa memicunya. Ada obat tradisional yang mampu memperlambat pertumbuhan kista, berikut beberapa tanaman yang dipercaya dalam pengobatan kista serta hal yang perlu dihindari.


 Obat Tradisional Kista Ovarium dan Hal Yang Perlu Dihindari

4 Obat Tradisional Kista Ovarium


1.Benalu Teh

Benalu bisanya tumbuh di pohon teh dan mempunyai kandungan seperti chalcones, flavanones, dan kandungan lain yang mampu mencegah pengumpalan darah,  sebagai anti anti alergi dan kanker. Selain itu dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Cara pengolahannya yakni benalu sebanyak 60 gram dan harus hidup di phon teh, tambahkan dengan rumput laut 30 gram. Setelah itu, barulah direbus dengan 800 cc air bersih. Saringlah kemudian minum dan lakukan dengan rutin. 

2. Mahkota Dewa

Mahkota dewa memiliki kandungan zat aktif yang berupa polifenol, saponin, dan alkoid, sehingga mampu berperan sebagai antibakteri sekaligus meningkatkan kekebalan dan vitalitas tubuh. Terdapat pula sifat anti radang flavonoid yang mengurangi rasa sakit pada pembengkakan. Cara membuatnya sediakan daun mahkota dewa sebanyak 30 gram dicampur dengan 50 gram temu mangga, tambahkan 5 gram buah mahkota dewa kering. Rebuslah semua bahan dengan 800 cc air dan saringlah. Minumlah dan aplikasikan 2 kali sehari.

3. Rumput Mutiara

Rumput mutiara termasuk tanaman perdu liar dan berguna dalam obat kista serta radang panggul. Cara membuatnya adalah siapkan 30 gram rumput mutiara dan 5 gram buah mahkota dewa, lalu campurkan hingga merata. Rebuslah dalam air mendidih hingga menyisakan setengahnya saja. Konsumslah dengan minum 2 kali sehari dengan teratur. 

4. Kunyit Putih

Antioksidan dan anti-iflamasi yang terkadung dalam kunyit putih lebih kuat daripada dengan hidrokortison. Cara yang dilakukan kunyit putih 10 gram dicampurkan dengan temu putih, pegagalan, tapak liman kering masing-masing sebanyak 10 gram. Jangan lupa tambahkan 30 gram cakar ayam segar. Rebuslah dengan 1 liter air dan dinginkan, lalu saringlah. Terapkan untuk diminum 3 kali sehari. 

Hal Yang Perlu Dihindari



1. Hindari Minuman Alkohol dan Bersoda

Pada dasarnya mengonsumsi minuman yang beralkohol akan mengurangi kesehatan tubuh. Sedangkan minuman bersoda akan membuat semakin berdampak buruk. Bagi kamu penderita kista sebaiknya segera hindari minuman tersebut. 

2. Hindari Makanan Pengawet

Perlu diperhatikan makanan pengawet harus dihindari 100% termasuk ikan asin, mie instan, dan makanan lain. Hal ini dikarenakan makanan berpengawet terkandung banyak senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh kamu.  

3. Hindari Sayuran Tauge, Kangkung dan Sawi Putih

Sayuran memang penting bagi tubuh, tapi jenis sayuran seperti tauge, kangkung dan sawi putih sangatlah dilarang keras bagi penderita kista. Tauge dapat mendorong pertumbuhan sel berlebih, kangkung dan sawi putih tidak baik dalam obat untuk penyerapan ke tubuh. 

4. Hindari Buah Durian, Nanas dan Nangka

Buah pantangan bagi penderita kista yakni durian, nanas, dan nangka. Saah satunya nangka yang akan menimbulkan berkembangnya sel kanker. Durian, duku, nanas dan anggur tidak disarankan untuk mengonsumsi karena mengandung alkohol.  

Semoga tulisan artikel tentang obat tradisional kista ovarium dan hal yang perlu dihindari dapat bermanfaat bagi kamu, terutama penderita penyakit kista agar bisa menambah informasi tertentu. Sekian dan terima kasih.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »