Efek Samping Minum Air Kelapa Secara Berlebihan


Air kelapa menjadi salah satu air yang memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh. tidak hanya dijadikan sebagai minuman segar saja, air kelapa juga dipercaya memiliki kemampuan baik yang dapat menyembuhkan beberapa keluhan penyakit seperti alergi, diare, demam berdarah, panas dalam dan membersihkan kulit berjerawat dan membantu memperoleh kulit yang mulus. Namun selain memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata air kelapa juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping minum air kelapa secara berlebihan.

efek samping minum air kelapa secara berlebihan.

 
Air kelapa kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah melakukan aktifitas yang melelahkan dan menguras keringat. Namun ternyata, minum air kelapa saja tidak cukup. Pasalnya ketika tubuh mengeluarkan keringat, hal ini membuat tubuh mengalami kekurangan asupan sodium. Sedangkan kandungan sodium dalam air kelapa tidak dapat mencukupi kekurangan sodiuk dalam tubuh. selain mengkonsumsi air kelapa, disarankan pula untuk menngkonsumsi air mineral.

Air kelapa merupakan salah satu minuman rendah lemak. Namun kamu juga tidak bisa menjadikan air kelapa ini sebagai obat penurun berat badan. Pasalnya mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat memungkinkan seseorang mengalami diare. Untuk orang yang memiliki masalah sembelit, manfaat air kelapa untuk tubuh tentunya dapat membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Walaupun asam amino yang ada dalam air kelapa lebih tinggi dibandingkan kandungan asam amino dalam susu sapi. Hal ini tidak berarti seseorang berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Pasalnya susu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih lengkap dibandingkan dengan air kelapa. Jadi jika kamu mengkonsumsi air kelapa berlebih dan mengganti susu dengan air kelapa, hal ini membuat tubuh kamu mengalami kekurangan nutrisi dan bahkan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.

Efek Samping Minum Air Kelapa Secara Berlebihan

Air kelapa memang memiliki berbagai macam kandungan zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. namun mengkonsumsi air kelapa yang berlebih tidak menjamin sistem kekebalan tubuh kuat untuk melawan berbagai macam serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

Jangan minum air kelapa ketika sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Hal ini dikarenakan efek samping mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.

Air kelapa memang bermanfaat baik untuk para penderita penyakit batu ginjal. Namun air kelapa ini juga berbahaya bagi orang yang memiliki fungsi ginjal menurun. Jadi harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut. pasalnya kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan masalah hiperkalemi. Jadi efek samping minum air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang menurun dapat membahayakan kesehatan jantung.

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »