Waspada! 5 Faktor Penyebab Keputihan Gatal


Gatal pada area kewanitaan, memang merupakan salah satu masalah tersendiri, yang bisa menyebabkan berbagai jenis masalah lainnya, termasuk untuk keputihan salah satunya. Keputihan memang kerap dialami oleh wanita yang sudah tumbuh dewasa, dan mengalami pubertas. Hal ini memang wajar dan kerap terjadi sebagai siklus rutin bulanan. Namun, yang menjadi masalah tersendiri adalah ketika keputihan ini sendiri, menyebabkan rasa gatal dan infeksi.

Nah, tentu saja ini merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan, agar nantinya tidak menyebabkan masalah tersendiri, misalnya saja kanker. Untuk mencegah keputihan yang gatal dan mengganggu ini, kamu bisa memulainya dengan mengenali apa saja faktor penyebab dari keputihan ini, karena memang pengaruhnya sangat besar, agar kamu bisa menanganinya secara lebih tepat dan mudah. Berikut ini, adalah ulasannya untuk apa saja faktor penyebab keputihan gatal, yang bisa kamu kenali. 

 

Beberapa Faktor Penyebab Keputihan Gatal

 

Waspada! 5 Faktor Penyebab Keputihan Gatal

 

1. Bakteri gardnella

Faktor yang satu ini, merupakann salah satu yang bisa menyebabkan keputihan selain terasa gatal juga menyebabkan infeksi. Keputihan yang disebabkan karena bakteri yang satu ini, biasanya akan menimbulkan rasa yang gatal dan mengganggu, dan juga berwarna sedikit encer, hingga keabuan, yang tentu saja merupakan salah satu masalah yang mesti sesegera mungkin ditangani.

2. Virus

Selain itu, virus merupakan salah satu jenis penyebab lainnya dari adanya keputihan karena gatal. Virus yang satu ini, muncul karena adanya penyakit yang berhubungan dengan organ kelamin. Misalnya saja HIV/AIDS hingga herpes dan conyloma. Selain mucul kutil, juga akan menyebabkan cairan keputihan berbau, dan terasa panas pada area vagina, ang bisa menyebabkan terjadinya kanker mulut rahim.

3. Parasit Trichomonas

Melalui hubungan seks parasit yang satu ini bisa ditularkan, dan juga perlengkapan mandi juga bisa menyebabka parasit yang satu ini menular. Keputihan karena adanya parasit ini, bisa terjadi, dan menimbulkan berbagai masalah misalnya saja gatal, dan berbau, serta vagina akan terasa sakit jika ditekan. 

4. Jamur

Jamur merupakan penyebab lainnya dari adanya masalah keputihan yang bisa menyebabkan gatal di area kewanitaan kamu. Biasanya, keputihan yang disebabkan karena jamur ini, menyebabkan rasa gatal dengan cairan yang kental dan berbau, serta memiliki bercak keputihan pada area kewanitaan. Vagian mengalami radang dan kemerahan dengan adanya infeksi jamur ini.

5. Pil Kb

Infeksi keputihan juga bisa disebabkan karena konsumsi pil Kb yang tidak cocok. Memang, untuk penerimaan pil kb ini, masing-masing orang berbeda satu dengan lainnya. Dan penggunaan pil kb yang tidak cocok ini akan berpengaruh pada produksi hormon yang bisa menyebabkan keputihan. Selain itu, daya tahan tubuh yang rendah juga berperan pada keputihan yang diiringi dengan rasa gatal. 

Nah, dengan mengetahui beberapa faktor penyebabnya, tentu saja kamu bisa membantu mengatasi dan mencegah keputihan karena gatal ini secara mudah dan alami. Semoga bermanfaat.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »