9 Cara Melawan Sengatan Sinar Matahari Dengan Makanan

 Cara Melawan Sengatan Sinar Matahari Dengan Makanan

Tahukan kalian bahwa di dapur memiliki banyak makanan untuk membantu mencegah sengatan sinar matahari.

Di bulan-bulan musim panas dan lebih banyak waktu di luar rumah, kulit kita menjadi tidak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan. Biasanya kamu mencari cara untuk mencegah sengatan sinar matahari dengan lotion, padahal ada banyak makanan yang tepat di dapur untuk membantu melawan sengatan sinar matahari.

Berikut adalah beberapa tabir surya alami yang paling efektif dari alam.


1. Susu segar

Susu segar adalah salah satu tabir surya terbaik yang bisa digunakan. Kamu bisa mencampur satu galon susu dalam bak mandi dengan air hangat atau gunakan kain dingin yang direndam dalam susu jika kamu belum merasakannya. Kulit yang terbakar matahari akan menjadi dingin. Jika tidak ada susu, kamu bisa menggunakan yoghurt.

2. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk menenangkan sengatan matahari. Gunakan handuk yang telah direndam cuka dan oleskan ke kulit yang terbakar matahari untuk sementara waktu. Atau kamu bisa memasukkan cuka dan air ke dalam botol semprot dan semprot di area yang terbakar matahari untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit. Perhatikan mata dan luka terbuka. Kamu juga bisa mencampur 2-3 cangkir cuka ke air mandi hangat. Jangan menggunakan cuka beras tapi ganti dengan cuka sari apel.

3. Tomat

Jika kamu terbakar sinar matahari, potong beberapa tomat dan gosokkan seluruh area yang terbakar matahari. Atau tambahkan 2 cangkir jus tomat ke bak mandi air dingin. Kombinasikan tomat dengan susu yang dapat memberikan efisiensi yang jauh lebih tinggi. Campur 1/4 cangkir jus tomat dengan 1 susu dan oleskan ke area cekung.

4. Mentimun

Sayuran ini sangat bermanfaat saat terbakar sinar matahari. Kamu merasakan keefektifan dengan cepat setelah mengoleskan irisan mentimun langsung ke daerah yang terbakar matahari. Kamu juga bisa menumbuk timun, mencampurnya dengan susu dan mengoleskan ke kulit. Ketimun dikenal sebagai solusi penyembuhan yang efektif untuk banyak masalah kulit, termasuk kulit yang terbakar sinar matahari karena sifat pendinginannya yang sangat baik.

5. Putih telur

Bergantung pada seberapa banyak kulit terbakar, kamu dapat menggunakan satu atau dua putih telur dan melembapkan kulit yang terbakar. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan secara alami saat kulit kamu terbakar karena terpapar sinar matahari yang berkepanjangan. Biarkan selama beberapa menit dan bilas.

6. Madu

Oleskan madu murni ke kulit yang terbakar dan biarkan sebentar atau campur madu dengan air jeruk nipis dengan perbandingan 80/20, atau perbandingan 50/50 susu dan madu adalah resep yang bagus untuk mengatasi sinar matahari. Perhatikan jangan menggunakan terlalu banyak jus lemon karena bisa menyebabkan gatal.

7. Teh

Ada banyak cara untuk menenangkan sengatan matahari salah satunya adalah dengan teh hitam atau teh hijau. Buatlah teh dan dingininkan di kulkas. Semprot es teh di area kulit yang terbakar atau rendam dalam handuk dan oleskan ke area sengatan matahari. Atau, kamu bisa memasukan 4-6 kantong teh ke bak mandi air dingin dan berendam di dalamnya.

8. Oatmeal

Ada dua cara untuk melawan sengatan sinar matahari dengan menggunakan oatmeal. Cara pertama adalah mencampur 2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi dengan air dingin, kemudian berendam sekitar 30 menit. Cara kedua adalah mencampur putih telur mentah dengan oatmeal dan oleskan ke area yang terbakar matahari. Setelah campuran kering, pada kulit, cuci bersih saat mandi atau di bawah shower dengan air dingin.

9. Tepung jagung

Rendam tubuh selama 30 menit dalam bak air hangat dengan secangkir tepung maizena. Kamu juga bisa mencoba campuran setengah cangkir tepung maizena dan setengah cangkir baking soda atau campuran tepung maizena dengan air dan oleskan ke area yang terbakar matahari dan biarkan kering. Sederhananya, campurkan sedikit tepung maizena dengan air dingin dan tambahkan ke aerosol dan semprotkan di area yang terbakar matahari.

Ada banyak cara alami untuk melawan sengatan sinar matahari di dapur kamu. Namun, jika kamu mengalami sengatan sinar matahari yang parah, kamu harus segera menemui dokter. Jangan biarkan sengatan sinar matahari memburuk.
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »