Showing posts with label makanan. Show all posts
Showing posts with label makanan. Show all posts

9 Cara Melawan Sengatan Sinar Matahari Dengan Makanan

 Cara Melawan Sengatan Sinar Matahari Dengan Makanan

Tahukan kalian bahwa di dapur memiliki banyak makanan untuk membantu mencegah sengatan sinar matahari.

Di bulan-bulan musim panas dan lebih banyak waktu di luar rumah, kulit kita menjadi tidak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan. Biasanya kamu mencari cara untuk mencegah sengatan sinar matahari dengan lotion, padahal ada banyak makanan yang tepat di dapur untuk membantu melawan sengatan sinar matahari.

Berikut adalah beberapa tabir surya alami yang paling efektif dari alam.


1. Susu segar

Susu segar adalah salah satu tabir surya terbaik yang bisa digunakan. Kamu bisa mencampur satu galon susu dalam bak mandi dengan air hangat atau gunakan kain dingin yang direndam dalam susu jika kamu belum merasakannya. Kulit yang terbakar matahari akan menjadi dingin. Jika tidak ada susu, kamu bisa menggunakan yoghurt.

2. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk menenangkan sengatan matahari. Gunakan handuk yang telah direndam cuka dan oleskan ke kulit yang terbakar matahari untuk sementara waktu. Atau kamu bisa memasukkan cuka dan air ke dalam botol semprot dan semprot di area yang terbakar matahari untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit. Perhatikan mata dan luka terbuka. Kamu juga bisa mencampur 2-3 cangkir cuka ke air mandi hangat. Jangan menggunakan cuka beras tapi ganti dengan cuka sari apel.

3. Tomat

Jika kamu terbakar sinar matahari, potong beberapa tomat dan gosokkan seluruh area yang terbakar matahari. Atau tambahkan 2 cangkir jus tomat ke bak mandi air dingin. Kombinasikan tomat dengan susu yang dapat memberikan efisiensi yang jauh lebih tinggi. Campur 1/4 cangkir jus tomat dengan 1 susu dan oleskan ke area cekung.

4. Mentimun

Sayuran ini sangat bermanfaat saat terbakar sinar matahari. Kamu merasakan keefektifan dengan cepat setelah mengoleskan irisan mentimun langsung ke daerah yang terbakar matahari. Kamu juga bisa menumbuk timun, mencampurnya dengan susu dan mengoleskan ke kulit. Ketimun dikenal sebagai solusi penyembuhan yang efektif untuk banyak masalah kulit, termasuk kulit yang terbakar sinar matahari karena sifat pendinginannya yang sangat baik.

5. Putih telur

Bergantung pada seberapa banyak kulit terbakar, kamu dapat menggunakan satu atau dua putih telur dan melembapkan kulit yang terbakar. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan secara alami saat kulit kamu terbakar karena terpapar sinar matahari yang berkepanjangan. Biarkan selama beberapa menit dan bilas.

6. Madu

Oleskan madu murni ke kulit yang terbakar dan biarkan sebentar atau campur madu dengan air jeruk nipis dengan perbandingan 80/20, atau perbandingan 50/50 susu dan madu adalah resep yang bagus untuk mengatasi sinar matahari. Perhatikan jangan menggunakan terlalu banyak jus lemon karena bisa menyebabkan gatal.

7. Teh

Ada banyak cara untuk menenangkan sengatan matahari salah satunya adalah dengan teh hitam atau teh hijau. Buatlah teh dan dingininkan di kulkas. Semprot es teh di area kulit yang terbakar atau rendam dalam handuk dan oleskan ke area sengatan matahari. Atau, kamu bisa memasukan 4-6 kantong teh ke bak mandi air dingin dan berendam di dalamnya.

8. Oatmeal

Ada dua cara untuk melawan sengatan sinar matahari dengan menggunakan oatmeal. Cara pertama adalah mencampur 2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi dengan air dingin, kemudian berendam sekitar 30 menit. Cara kedua adalah mencampur putih telur mentah dengan oatmeal dan oleskan ke area yang terbakar matahari. Setelah campuran kering, pada kulit, cuci bersih saat mandi atau di bawah shower dengan air dingin.

9. Tepung jagung

Rendam tubuh selama 30 menit dalam bak air hangat dengan secangkir tepung maizena. Kamu juga bisa mencoba campuran setengah cangkir tepung maizena dan setengah cangkir baking soda atau campuran tepung maizena dengan air dan oleskan ke area yang terbakar matahari dan biarkan kering. Sederhananya, campurkan sedikit tepung maizena dengan air dingin dan tambahkan ke aerosol dan semprotkan di area yang terbakar matahari.

Ada banyak cara alami untuk melawan sengatan sinar matahari di dapur kamu. Namun, jika kamu mengalami sengatan sinar matahari yang parah, kamu harus segera menemui dokter. Jangan biarkan sengatan sinar matahari memburuk.

9 kebiasaan makan wanita yang harus ditinggalkan untuk memiliki tubuh yang indah

9 kebiasaan makan wanita yang harus ditinggalkan untuk memiliki tubuh yang indah


Memakan makanan ringan, makan permen, sering makan makanan olahan karena kurang waktu memasak adalah kebiasaan makan yang buruk yang harus ditinggalkan.

Jika kamu memiliki waktu makan yang tidak sehat dan membuat kebiasaan buruk , cobalah untuk mengubahnya. Dengan berbagai makanan, sulit mengendalikan kebiasaan makan kamu dan menyadari masalah makan kamu. Berikut ini adalah daftar 9 catatan untuk masalah kebiasaan makan yang paling umum.

1. Tidak bisa berhenti ngemil

Jika kamu tidak memiliki kendali atas ngemil di antara waktu makan, kamu berisiko mengalami tubuh berlemak. Untuk mengendalikan ngemil kamu, mengganti jenis camilan merupakan ide bagus. Mengubah lokasi menaruh makanan ringan, misalnya meletakkannya di tempat yang sulit dilihat atau sulit diambil juga merupakan saran yang bagus.

2. Menonton TV sambil Makan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan saat melakukan aktivitas lain (seperti menonton TV), akan makan 50% sampai 60% lebih banyak bila tidak terganggu. Sebaiknya lepaskan kebiasaan buruk ini.

3. Makan saat kamu dalam keadaan tidak mood

Ketika kamu menjalani diet, tetapi berada dalam suasana hati yang buruk, kamu akan dengan mudah membuat keputusan makan yang tidak terkontrol, sebagai konsesi dari mood yang tidak baik. Temukan cara untuk menghibur diri kamu dengan cara lain.

4. Kontrol Diet kamu

Jika kalian telah berusaha keras melakukan diet dalam beberapa minggu, sebaiknya berikan waktu satu hari diantara waktu diet kamu untuk makan makanan yang kalian sukai, walaupun sebenarnya makanan tersebut menganggu menu diet kamu. 

5. Melewati sarapan pagi

Mengabaikan sarapan secara teratur dapat sangat merugikan kesehatan kamu. Sarapan tidak harus makanan yang komplit, kamu hanya memerlukan satu porsi protein, buah dan biji-bijian.

6. Tidak ada waktu untuk memasak

Secara umum makanan olahan kurang sehat dibanding masakan rumahan. Jika kamu memiliki waktu luang untuk memasak, cukup membuat makanan "siap santap". Awalnya kamu mungkin mengalami masalah memasak sendiri, tapi lama-kelamaan akan terbiasa. 

7. Makan di tempat yang salah

Jika kamu sering makan saat mengemudi, di angkutan umum, atau di toko, pasti tidak akan memperhatikan berapa banyak makanan yang kamu konsumsi. Jadi pastikan kamu makan dalam keadaan yang tepat. Kamu harus makan tidak dalam keadaan terburu-buru dan makanan yang dikonsumsi lebih mudah dicerna.

8. Makan sangat cepat

Makan tergesa-gesa adalah cara yang salah saat makan, karena makanan yang kamu makan tidak dikunyah dengan benar dan bisa menyebabkan banyak udara yang masuk ke dalam perut. Hal ini membuat kamu merasa tidak nyaman. Apalagi otak tidak bisa menangani informasi dari lambung dengan cepat. Perlu waktu 20 menit untuk membaca sinyalnya. Jika kamu makan dengan tergesa-gesa, kamu akan menghabiskan makanannya sangat awal sebelum otak kamu memiliki cukup waktu untuk menangkap sinyal dari perut.

9. Banyak makan permen dan gula

Kebiasaan menambahkan energi dengan mengkonsumsi permen atau produk gula tinggi adalah tidak tepat, karena dapat menambah berat badan dengan cepat. Kamu harus benar-benar mengurangi makanan manis. Sebagai gantinya, kamu harus memilih makanan selain makanan manis dan bergizi seperti kismis dan coklat kacang.

Lewati Waktu Sarapan, Akan Hambat Pertumbuhan Janin Ibu Hamil


Ada banyak hal yang sebenarnya sangat berpengaruh atas pertumbuhan janin ibu hamil. Salah satunya adalah nutrisi. Bagi ibu hamil, nutrisi harus senantiasa diberikan dengan optimal agar pertumbuhan si janin didalam rahim juga senantiasa sempurna dan terarah.

Sehubungan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil, salah satu hal yang juga berpengaruh adalah sarapan. Jika ibu hamil tidak sarapan atau bahkan melewatkan waktu sarapan, bisa jadi pertumbuhan janin ibu hamil didalam rahim juga akan terhambat. Hal ini yang harus senantiasa diperhatikan. Agar sarapan ibu hamil jadi lebih menyenangkan, berikut informasi tentang tips sarapan ibu hamil yang kamu wajib lakukan.


tips sarapan untuk dukung pertumbuhan janin ibu hamil

6 Tips Sarapan Untuk Dukung Pertumbuhan Janin Ibu Hamil


1. Konsumsi berbagai jenis makanan

Ketika hamil utamanya di trimester pertama kehamilan, kamu memang akan mudah mengalami mual. Ketika kamu mengalami mual ini utamakan jangan sampai kamu melewatkan waktu sarapan karena hal ini akan berdampak kurang baik pada kesehatan janin kamu. 

Konsumsi berbagai jenis makanan sebagai pengganti jenis makanan yang tidak kamu konsumsi karena mual. Misalkan ketika kamu tidak bisa minum susu karena mual, ganti dengan makanan berupa sayur atau ikan yang kaya kandungan protein dan kalsium didalamnya. Salah satu makanan pengganti susu yang sangat cocok untuk kamu konsumsi adalah puding, oatmeal dan berbagai jenis olahan yang lainnya.

2. Hindari makanan pedas

Ada baiknya untuk kamu hindari aneka ragam makanan yang pedas. Hal ini karena berbagai macam makanan pedas akan berdampak kurang baik pada kesehatan kamu. Bahkan janin kamu juga akan terganggu jika kamu suka dengan mengonsumsi aneka ragam makanan pedas.

3. Hindari makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis

Ada baiknya untuk kamu hindari berbagai macam makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis. Makanan yang banyak mengandung santan ada baiknya kamu hindari termasuk makanan berpemanis tinggi seperti sirup dan sejenisnya. Kemudian mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi juga sangat perlu kamu hindari.

4. Jangan mengonsumsi kopi

Ada baiknya untuk kamu jangan sampai mengonsumsi kopi. Hal ini juga berlaku pada creamer. Jangan kamu mengonsumsi creamer. Jika perlu kamu juga dapat ganti dengan mengonsumsi teh hangat yang beraromakan peppermint atau aroma yang lainnya.

5. Kurangi makanan yang terlalu basah

Ada baiknya untuk kamu mengonsumsi makanan yang ringan, kering dan juga menyegarkan. Misalkan kamu dapat mengonsumsi kraker serta juga buah kering dalam jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Ada baiknya juga kamu memilih makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Kemudian makan dengan porsi yang kecil tetapi sering. Memilih sarapan berupa sereal juga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu.

6. Jangan lupa minum air putih

Mengonsumsi air putih juga penting untuk kamu. Ada baiknya kamu untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Ketika sarapan kamu juga dapat mengonsumsi air putih sekitar 1 - 2 gelas sehingga bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dalam sehari.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk kamu tentang tips sarapan untuk dukung pertumbuhan janin ibu hamil. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ladies.

5 Makanan Sehat Ampuh Usir Lemak di Perut


Memang benar ya ada makanan sehat yang ampuh mengusir lemak di perut? Perlu Anda tahu terlebih dulu nih ladies, bahwasanya lemak yang bersarang di bagian perut Anda tersebut pasti saja akan sangat menggangu, menjadikan penampilan Anda kurang maksimal, bahkan lebih dari itu, kondisi yang seperti ini juga tak baik bagi tumbuh kembang janin yang sedang Anda kandung, jika memang Anda saat ini sedang dalam masa kehamilan. 

Perut yang menggelambir yang akan menjadikan pakaian yang Anda kenakan serasa tak pas di tubuh Anda. Pasti saja Anda tak ingin masalah tersebut menjadikan hari-hari Anda jadi muram, kan? Untuk itulah kami akan membagikan kepada Anda sebuah informasi menarik tentang makanan sehat ampuh usir lemak di perut, yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

5 Makanan Sehat Ampuh Usir Lemak di Perut


Makanan Sehat Ampuh Usir Lemak di Perut


1. Buah semangka

Buah yang satu ini tak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat lagi menyegarkan, ternyata buah semangka juga mengandung sekitar 90 % air. Apabila Anda mengkonsumsi buah semangka ini sebelum makan menu utama, maka nantinya Anda tak perlu lagi menambahkan kalori di dalam menu utama Anda. Selain hal tersebut, buah semangka juga kaya akan vitamin, magnesium, dan juga kalsium yang pastinya sangat baik bagi tubuh.

2. Almond

Sebuah study di American Journal of Clinical Nutrition sudah membuktikan bahwasannya makan kacang almond ini ternyata bisa menekan rasa lapar. Hal yang demikian tersebut dikarenakan almond memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain hal itu, almond juga bisa membantu tubuh Anda untuk bangun otot, sehingga bisa bakar lemak di perut yang lebih banyak lagi.

3. Seledri

Untuk buat perut Anda langsing, maka Anda bisa konsumsi seledri. Selain dikarenakan rendah kalori, seledri ini juga mengandung banyak serat dan juga banyaknya kalsium yang nantinya bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Mentimun

Mentimun ini tinggi akan kandungan air dan juga rendah kalori. Apabila Anda ingin mengecilkan perut atau pun usir lemak di perut, maka Anda bisa mengkonsumsi mentimun setiap hari. Selain mendapat manfaat perut jadi langsing, mengkonsumsi mentimun ini juga bisa membantu tubuh Anda untuk hilangkan zat berbahaya di dalam tubuh.

5. Buah apel

Apabila Anda memang ingin hilangkan lemak di perut, coba untuk konsumsi buah apel. Buah ini tinggi serat, fitosterol, flavonoid, dan beta karoten yang nanti akan menjadikan perut Anda lebih lama kenyang. Selain hal itu, buah apel juga mengandung pectin yang bisa turunkan berat badan.

Demikian informasi tentang 5 makanan sehat ampuh usir lemak di perut yang telah kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk share yah.

Mengapa Seblak Sehat?

Seblak kini ada dimana-dimana dan menjadi makanan yang disukai mulai anak-anak maupun orang dewasa. 

Ada seblak basah...

Mengapa Seblak Sehat?
sumber foto: dapurkreasiku.blogspot.com
Ada seblak kering...

Mengapa Seblak Sehat?
sumber foto: photobucket.com
Ada seblak warna putih...

Mengapa Seblak Sehat?
sumber foto: detik.com


Semuanya tergantung selera kamu lebih suka yang mana.

Kalau saya pribadi lebih suka seblak basah yang warna oranye ditambah telur dan baso/brokoli/ayam.Nah, kalau untuk seblak keringnya, lebih enak yang warna putih. Biasanya seblak suka ada yang campuran warna hingga ditambahkan makaroni. Menurut saya, lebih enak tanpa makaroni. Kalau menurut kamu?

Oh, ya...

Makanan yang satu ini sebenarnya sehat, lho? Mengapa, demikian? Berikut ini adalah penjelasannya...


1. Bisa Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian, dalam cabe itu ada sebuah zat yang bernama kapsiasin. Senyawa tersebut dapat membunuh sel-sel kanker dengan menyerang bagian mitokondria tapa melakukan perusakan pada sel lainnya yang sehat, wow!


2. Bisa Membuat Jantung Sehat

Sebuah riset menunjukkan bahwa cabe bisa meminimalkan serangan jantung dan stroke. Mengapa? Soalnya, cabe itu dapat mengurangi kolesterol jahat yang menyerang jantungmu.


3. Bisa Menurunkan Berat Badan

Pedas bisa meningkatkan metabolisme pada tubuhmu. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan kapsaisin pada cabe, yakni sebuah zat termogenik yang bisa membuat tubuh membakar kalori.


4. Bisa Menghilangkan Stres

Ketika saya sedang pusing atau banyak pikiran, ada kalanya saya makan makanan pedas, hal itu terbesit begitu saja. Nyatanya, makan makanan pedas memang bisa menghilangkan stres, lho. Mau tahu alasannya? Rasa terkejut yang dialami lidah dan hormon yang meningkat adalah efek dari makan makanan pedas. Langsung deh stres dan depresi lenyap.


Udah nggak sabar kan pengen bikin seblak?

Ini dia resep seblak Bandung yang enak dan sehat... KLIK DI SINI!

Resep Seblak Bandung Enak dan Sehat


Seblak adalah kerupuk yang dibumbui rempah-rempah dan rasanya yang pedas membuat kamu bakalan ketagihan. Ada dua jenis seblak yaitu sebalak basah dan seblak kering. Yang sedang musim dan menjamur di daerah Jawa Barat adalah seblak basah. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga mantap di lidah, kenyal-kenyal dan pedas... Nikamat pokoknya! 

Untuk lebih menghemat uang dan lebih puas, bisa lho kita bikin sendiri.

Di bawah ini adalah resep seblak Bandung yang lezat banget!


Resep ini dikutip dari: Aneka Resep Masakan Indonesia


RESEP KERUPUK SEBLAK BASAH BANDUNG ENAK
 
Menyajkan makanan untuk camilan sederhana khas masyarakat Sunda dapat memilih kreasi seblak basah yang satu ini.
Bahan dan Bumbu :
  • 2 ons kerupuk sumber sari
  • air secukupnya
  • minyak untuk menumis
Haluskan :
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ ruas jari kencur
  • 6 buah cabe rawit
  • garam dan penyedap secukupnya
CARA MEMBUAT SEBLAK BASAH BANDUNG
  1. Didihkan air, masukkan kerupuk, rebus hingga lembek, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Beri sedikit air, tambahkan garam dan penyedap secukupnya, aduk rata.
  3. Masukkan kerupuk yang telah direbus lalu aduk lagi hingga rata. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

Nah, saya sendiri kalau membuat seblak, bahan-bahannya tidak selalu lengkap seperti di atas. Ada kalanya hanya menggunakan bawang merah, putih, garam, dan cabe. Karena saya suka sama bawang dan cabe rawit, biasanya saya banyakin, misalnya bawang masing-masinng 3 dan cabenya 10-20, hehe. Kalau beli cabe yang dari warung biasanya bisa sampai 20 karena tidak sesegar yang di pasar. kalau di pasar saya biasanya cuma pakai 10 karena sudah lumayan pedas, tuh.

Ada lagi, kalau yang punya amandel, jangan gunakan pecin (mecin) maupun penyedap lainnya. Dengan garam juga sudah enak kok, menurut saya.

Resep Seblak Bandung Enak dan Sehat
seblak basah
Selanjutnya, kamu bisa menggunakan tambahan seperti...
  • daging ayam yang sudah disuir-suir
  • usus ayam goreng yang sudah dipotong keil-kecil
  • brokoli
  • sosis dipotong-potong
  • telur ayam
  • bakso diiris kecil
  • dan apa saja asal nyambung dan enak tergantung kreasi dan selera kamu
Biasanya, saya kalau di rumah menambahkan telur. Jadi, sebelum dimasukan kerupuknya, goreng dulu telur dan bumbu yang sudah dihaluskan itu, tapi telurnya setengah matang saat itu dan diorek-orek.

Seblak ini bagus lho untuk kesehatan... Kenapa?

Baca Juga:

Manfaat seblak bagi kesehatan!


Tentunya, asalkan cabenya secukupnya saja, ya... :)

Buah-buahan Terbaik untuk Program Diet



Selagi diet, seseorang pasti menjaga pula masukan makanan pada tubuhnya. Untuk menunjang diet ada banyak cara di antaranya...
  • berolahraga
  • memperbanyak buah
  • memperbanyak sayur
  • menghitung kalori
  • dan sebagainya

Buah-buahan Terbaik untuk Program Diet

Kali ini, akan dibahas mengenai buah-buahan yang bagus untuk diet.


1. Buah-buahan yang Berair

Semangka, melon, dan blewah adalah contoh buah-buahan yang berair yang biasanya ada di sekitar kita dan bisa ditemukan di pasar. Manfaat dan memakan buah-buahan berair secara teratur adalah sebagai berikut ini.
  • mengandung banyak air
  • mengandung karbohidrat
  • baik untuk pencernaan
  • pemberi energi cepat
  • bahan untuk sekresi racun
  • membantu detoks
  • membantu penurunan berat badan
  • dan lain-lain
2. Buah dengan Kandungan Karbohidrat Rendah

Buah dengan kadar karbohidrat rendah biasanya membantu mengontrol suhu badan kamu dan mengusir kelesterol. Buah yang termasuk dalam kandungan kabohidrat yang rendah di antaranya adalah di bawah ini.
  • semangka
  • peach
  • melon
  • pepaya
  • apel
  • dan sebagainya

3. Buah dengan Kandungan Karbohidrat Tinggi

Berikut ini adalah beberapa buah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi.
  • kiwi
  • pisang
  • plum
  • pir
  • anggur
  • mangga
  • nanas
Jenis buah ini cocok untuk menenangkan perut kamu dan bagus untuk dikonsumsi setelah puasa malam.


4. Buah Jeruk dan Beri-berian


Buah-buahan Terbaik untuk Program Diet


Selain buah jeruk, beri-berian juga baik untuk orang yang tengah berdiet. Contoh dari beri-berian adalah di bawah ini.
  • strawberry
  • blackberry
  • raspberry
  • cranberry
  • dan lainnya
Manfaat buah-buahan ini ialah...
  • detoks alami
  • menghilangkan racun
  • mengeluarkan segala yang tidak tercerna di tubuh
  • membersihkan darah
  • membuat jantung lebih sehat
  • sisitem kardiovaskular menjadi lebih meningkat
  • meningkatkan metabolisme pencernaan 
  • mengusir kolesterol jahat
  • dan masih banyak lagi

Baca Selengkapnya: Alasan Mengapa Seblak Sehat


5. Buah Kering

Buah yang biasa dikeringkan adalah...
  • beri-berian
  • kurma
  • kismis
  • kurma
  • prune
  • dan sebagainya
Ingat! Buah kering hanya dimakan sedikit saja. Dengan porsi yang sedikit (secara tepat), maka mengkonsumsi buah-buahan kering memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah berikut ini...
  • sumber vitamin
  • sumber mineral
  • sumber energi
  • membakar lemak
  • pengurangan kolesterol
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kering bisa menjadi tambahan yang enak dalam oatmeal.


Sudah berapa jenis buah yang kamu pergunakan dalam menunjang program dietmu?

Apa Saja Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk?


Ada banyak makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Tapi, siapa sangka, tidak semua makanan sehat ini cocok untuk dijadikan menu bagi kamu yang sedang berdiet.

Sebaliknya, untuk kamu yang membutuhkan gizi untuk menjadi lebih berisi dan tetap sehat tentunya, ada baiknya kamu mengetahui makanan-makanan apa saja yang menyehatkan dan bisa bikin kamu segera bertambah kiloannya. Tentunya makanan-makanan di bawah ini jauh lebih baik daripada fast food.

Yuk, ketahui! Baca hingga tuntas ya...


1. Buah yang Dikeringkan

 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk
sumber gambar: http://selalubarunet.com
Buah yang dikeringkan bisa kamu jumpai dalam oats, biskuit, kue, dan lain-lain. Buah ini mengalami proses pengeringan sehingga lebih padat dan jumlah kalorinya pun lebih besar.


2. Granola

 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk

Nikmat dan sehat menu yang satu ini. Perpaduan kacang dan gandum ini nyatanya mengandung 500 kalori perporsi!


3. Teh Manis Kemasan

Teh manis dalam kemasan maupun botol pada umumnya mengandung 200 kalori persaji. Ini sama saja kalorinya dengan minuman soda.


4. Burger Sayuran

 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk


Namanya aja udah burger sayuran. Artinya, burger ini tanpa daging si fast food itu. Burger sayuran biasanya terdiri atas...
keju
  • roti burger 2 (mengapit)
  • sayuran (misalnya tomat, sawi)
  • mayonase
  • saos
  • dan mungkin masih ada tambahan lainnya.
Kira-kira kalorinya adalah 1000...!


5. Tahu Di...

 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk

Tahu sebenarnya memiliki kandungan kalori yang rendah dan menyehatkan. Sayangnya, dengan cara mengolah tertentu yang ada bisa membuat kalori tahu itu tinggi.


6. Salad Ditambah...

Salad yang paling baik adalah dimana sayurannya tidak ditambah apa-apa. Ketika semangkuk salad ditambah dengan keju, saos salad, kacang, dan sebagainya... Malah membuat kandungan salad kalorinya tinggi, lebih tinggi daripada pasta!


7. Jus Buah

 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Gemuk

Menyegarkan dan sehat itulah jus buah. Nyatanya, jus buah yang ada di luar sana mengandung banyak gula. Kalau mau yang rendah kalori, jangan gunakan gula atau gunakan sedikit gula saja.


8. Sushi

Makanan asal Jepang ini mengandung kalori sekitar 500-600 untuk menu yang seperti sushi roll yang ada campuran seafood, krim keju, mayonase, dan sebagainya.


Nah...
Jadi, makanan di atas itu perlu kamu hindari atau konsumsi?

9 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Darah Tinggi

Menyiapkan makanan bukan hal sepele. Baik memasak ataupun membeli kamu mesti memerhatikan makanan mana yang sehat. Untuk menjaga kesehatan, apalagi para penderita darah tinggi, kamu perlu memilah-milah mana yang dibutuhkan dan mana yang harus dihindari. 

Lalu.. Makanan apa saja sih yang harus dihindari agar tensi tidak melejit naik?

Berikut ini adalah makanan-makanan yang mesti dihndari.

 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Darah Tinggi



1. Makanan Berlemak

Nah, jangan makan makanan yang berlemak seperti gorengan. Gorengan memang enak tapi lemaknya itu banyak. Lemak bisa menyebabkan pembulih darah menjadi terseumber sehingga memperparah tekanan darah tinggi. Makanlah makanan sehat yang diolah dengan direbus.


2. Alkohol

Selain tensi jadi naik, alkohol juga bisa melakukan pengrusakan pada dinding pembuluh darah. Serem, kan?


3. Kafein Berlebih

Pada dasarnya kopi bisa membantu menstabilkan tensi seseorang. Tapi... kalau berlebihan malah memperparah darah tinggi seseorang. Waduh..


4. Gula

Pada umumnya, gula merupakan pemicu obesitas. Sayangnya dalam hal darah tinggi juga hal ini tidak baik. Hal itu disebabkan karena gula yang besar bisa menyumbat di jantung sehingga nantinya kerjanya menjadi lambat. Contoh makanan yang mengandung gula tinggi adalah cookies dan cokelat batangan (cokelat yang manis).

Apalagi donat itu... wah! Donat mengandung sekitar 200 kalori ditambah dengan 12 gram lemak. Bila tidak bisa jauh dari gula, pakai gula rendah kalori bahkan nol kalori seperti gula tropicana slim.


5. Protein Lemak Tinggi

Ada beberapa hal yang mesti dihindari nih...

  • daging merah
  • daging asap
  • dan sebagainya
Sebagai gantinya,baiknya sih kamu menyajikan atau mengkonsumsi daging burung.


6. Acar

Acar dikenal sebagai pelengkap makanan seperti sate. Acar memang sih kalorinya rendah. Namun, tahukah kamu? Ternyata acar ini tinggi sodiumnya.

Sebuah acar mentiumun bisa mengandung sekitar 570 mg sodium. Adapun kebutuhan sodium kita sehari adalah 2300. Berati udah sepertiganya tuh kalau makan satu buah acar mentimun... :O


7. Susu

Pada umumnya susu memang sehat. Akan tetapi, sumber kalsium tinggi ini mengandung lemak yang tinggi. Satu gelas susu punya kandungan rata-rata 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh ini adalah pantangan untuk orang yang menderita liver dan hipertensi. Kalau pengen-pengen banget mungkin bisa sesekali minum susu rendah lemak. Kata tetangga saya sih boleh minum susu tapi susu kedelai tanpa gula.


8. Mi Instan

Mi instan memang makanan yang murah, praktis, dan merakyat deh. Sayang sekali mi yang nikmat ini mengandung 14 gram lemak dan 1580 sodium. Ckck..


9. Karbohidrat Sederhana

Apa saja yang termasuk karbohidrat sederhana?
  • nasi putih
  • roti putih
  • kentang goreng
  • dan sebagainya

Yang termasuk paling berbahaya di antaranya adalah kentang goreng. Kandungan dalam kentang goreng yang ukurannya sedang adalah 270 mg sodium dan 19 gram lemak. Walaupun dalam penggorengannya ada restoran baik yang memakai minyak trans, tapi tetap saja tuh soium dan lemaknya tinggi.


Nah.. bingung kan untuk pilih makanan para penderita hipertensi itu apa sih...

Untuk mengetahui makanan mana yang dibutuhkan agar tekana darah bagus dan bisa turun, kamu bisa mengetahuinya di sini

19 Makanan Untuk Darah Tinggi Alami


Enam puluh persen (60%) penderita darah tinggi mengalami struk. Darah tinggi biasanya terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah keturunan. Kebetulan, Bapak saya adalah keturunan darah tinggi karena nenek saya juga tensinya tinggi.

Saat tensi Bapak saya menjadi 190 tiba-tiba mengakibatkan harus masuk rumah sakit. Jadi saat tensinya sedang melejit, mereka yang adalah faktor keturunan ini tidak mengalami pusing atau sakit badan lainnya, tahu-tahu pas ke dokter harus masuk rumah sakit. Selain banyak istirahat, makanan pun perlu dijaga sampai akhirnya tensi bisa turun jaga hingga akhirnya jadi 130 sekarang.

Makanan Untuk Darah Tinggi


Biasanya yang menyiapkan makanan itu Mamah atau saya. Bapak saya sih nggak neko-neko soal makanan, akan tetapi berikut ini adalah 19 Makanan Untuk Darah Tinggi yang bisa kamu sajikan bukan hanya membantu menurunkan darah tinggi tapi juga enak.
 

1. Tomat

Tomat ini mengandung potasium dan vitamin C. Selain itu, semangkuk tomat hanya memiliki kandungan 9 mg sodium saja. Tomat termasuk dalam kategori sayuran buah terbaik dalam menstabilkan tensi darah yang tinggi. Buah segar ini bisa dimakan langsung, dijus, maupun dicampur dengan buah-buahan yang lainnya. Sebaiknya jangan membeli tomat olahan di mall karena biasanya tomat di sana mengandung sodium yang tinggi sehingga tidak baik untung penderita darah tinggi.


2. Cokelat Pekat

Cokelat memang lezat banget. Tapi yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam/gelp tanpa gula... Bisa diseduh menggunakan air hangat untuk diminum.


3. Bayam

Tingginya kandungan magnesium pada bayam menjadikan sayuran yang satu ini ampuh menurunkan tensi yang tinggi. Selain hal itu, bayam juga memiliki kandungan folat yang bagus sebagai proteksi dari bahan kimiawi yang berbahaya. Sayangnya, kalau sering banget dimakan bisa membuat asam urat... Jadi, selingi dengan makanan-makanan sehat lainnya.


4. Kuaci Bunga Matahari

Magnesium dan pitosterol baik untuk penurunan darah tinggi. Keduanya terkandung dalam kuaci bunga matahari. Jangan yang asin ya kuacinya...


5. Brokoli

Beberapa orang banyak yang tidak menyukai brokoli... Kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Sayuran hijau lainnya juga bagus, kok.


6. Kacang Almond

Kacang almond enak tapi juga bagus untuk tensi. Pada umumnya kacang-kacangan mengandung potasium dan magnesium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan penderita darah tinggi.


7. Kedelai

Kacang kedelai memang yahud deh bisa dimakan dan diminum. Bisa dijadikan tumis tempe, tahu rebus, dan susu kedelai.


8. Kacang Merah

Sajikan kacang merah yang direbus untuk para penderita darah tinggi. Pokoknya jangan digoreng.


9. Kacang Tanah

Kacang-kacangan lainnya adalah kacang tanah. Kacang tanah yang direbus enak dijadikan cemilan.


10. Pisang

Pisang ini bagus karena mengandung potasium yang tinggi.


Untuk empat nomor di bawah adalah buah-buah berry. Buah berry ini bermacam-macam. Satu mangkuk buah berry mengandung 200 mg potasium. Buah berry enaknya ialah di jus.


11. Strawbery 


Strawberry


12. Blueberry

Blueberry


14. Blackberry

Blackberry


15. Raspberry

Raspberry

16. Yoghurt

Ternyata yoghurt bukan cuma nikmat tetapi juga bisa menurunkan tensi. Pilihlah yoghurt yang rendah lemak.


17. Mengkudu

Sudah cukup lama buah ini dikenal untuk menurunkan darah tinggi. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus.


18. Seledri

Selain mengkudu, seledri juga lumayan terkenal sebagai penurun tensi, lho.


19. Jeruk

Jeruk enak dan mengandung potasium tinggi. Bisa dimakan langsung atau dijus. Jus jeruk bisa melengkapi makanan sehari-hari. Jeruk juga mengandung banyak serat.


Catatan penting.
  • Apabila kamu menyukai tambahan pemanis dalam membuat jus dan sebagainya, gunakanlah gula rendah kalori (misalnya Tropicana Slim) atau gula merah (gula merah asli). Jangan menggunakan gula pasir.
  • Sebisa mungkin, hindari garam misalnya kuaci bebas garam.
  • Sajikan makanan yang variatif jangan itu-itu saja. Contohnya pisang. Pisang memang baik banget untuk kesehatan para pemilik tensi tinggi. Sayangnya kalau setiap hari makan pisang banyak-banyak bahaya tuk ginjal.


Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat, ya.

Semangat hidup sehat dan sajikan juga makanan sehat untuk keluarga terkasih... :)