Keuntungan Menulis di Buku Harian

Meskipun terkesan kuno, sebenarnya menulis diary masih dilakukan oleh sebagian orang. Bagi kamu-kamu yang tidak suka menulis diary, itu memang pilihanmu. Tapi jangan sekali-kali kamu menganggap orang yang menulis diary itu melow atau melankolis atau terlalu perasa. Tak jarang mereka adalah orang-orang hebat, kreatif, dan memiliki kesabaran yang luas. Setidaknya, mereka lebih memilih untuk menuliskan sebuah kepedihan misalnya, pada buku diary dibanding harus membebani masalahnya kepada orang lain yang sibuk.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat menulis di buku harian.


1. Media Curhat

http://2.bp.blogspot.com/-tB8rcF0PSOM/UYSd8bB2u2I/AAAAAAAADgA/J_SzaD2jbHE/s320/13694-5-do-you-love-pink.jpg
sumber foto: http://2.bp.blogspot.com
Di sini, kalian bisa menumpahkan segala perasaan kalian, baik itu suka maupun duka. Kebanyakan orang menulis catatan harian ketika mereka sedang galau, sedih berat, gundah, bingung, dan sebagainya. Dengan begitu perasaan stres bisa berkurang. Akan tetapi, untuk kamu-kamu yang suka menumpahkan segala unek-unek, pilihlah diary yang memiliki kunci gembok. Jangan lupa, taruhlah di tempat yang aman. Agar tak ada seorang pun yang dapat membacanya.


2. Pengingat Peristiwa
sumber foto: baltyra.com
Dengan menulis segala kegiatan di catatan harian, tentu kamu menuliskan kapan, dimana, dan bagaimana peristiwa itu berlangsung ketika itu. Hal iru membuat kamu melatih otak kiri kamu untuk mengingat-ingat seperti apa kejadian yang terjadi.

Barangkali, ketika dibaca ulang, kamu akan menemukan hal-hal menarik atau hikmah dari kejadian yang dulu pernah kamu alami. Ketika membacanya kamu bisa menjadikannya sebagai pembelajaran hidup agar ke depannya bisa menjadi lebih baik.


3. Meningkatkan Keterampilan Menulis

http://theproblemwithdating.com/wp-content/uploads/2013/11/dear-diary.jpg
sumber foto: http://theproblemwithdating.com
Zaman sekarang, orang kemana-mana memakai laptop atau dimana-mana menggunakan komputer untuk mengetik, bahkan surat. Dengan menulis buku harian banyak manfaat yang kamu peroleh dalam menulis.
  • melatih mengungkapkan perasaan dalam tulisan
  • melatih tangan untuk menulis agar semakin rapi dan baik
  • melatih mendeskripsikan sesuatu atau kejadian atau orang

Nah, itu dia keuntungan-keuntungan menulis diary. So, mari mulai menulis yuk? :)

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »