Agar Terhindar dari Pikun Dini

Pikun memang penyakit yang hampir tidak bisa dihindari oleh setiap manusia yang beranjak tua, karena ketika tua, tubuh kehilangan kemampuannya utnuk memperbaiki diri, begitu pula dengan otak yang mengalami kerusakan dan kematian sel-selnya.

sumber foto: http://4.bp.blogspot.com

Namun menurunnya kinerja otak atau parahnya disebut pikun ini dapat ditunda dengan cara berikut ini:

1.  Aktif
Banyak aktifitas yang dapat dilakukan untuk menjaga otak kamu tetap berfungsi. Hal-hal menyenangkan seperti hobi memasak, melukis, bermain musik, berinteraksi dengan orang banyak, berkebun dapat membantu otak untuk berfungsi sehingga sel-selnya tidak mudah mati, daripada hanya berdiam diri saja.

2.  Belajar bahasa asing
Bahasa merupakan sesuau yang dipelajari dengan menggunakan intelektual yang cukup tinggi, sehingga belajar bahasa memaksimalkan kinerja otak kamu. Lagipula dengan menguasai bahasa tertentu akan membuat sel otak kamu bertahan lebih lama dan sehat.

3.  Mengasah otak
Tidak perlu menggerakan badan, cukup menggunaka otakmu untuk bekerja secara maksimal. Cukup banyak kegiatan yang dapat membuat otak kamu bekerja, misalnya membaca buku, mengerjakan teka-teki silang, main game asah otak, dan banyak lagi.

4.  Lindungi kepala
Gangguan otak bukan hanya datang dari faktor biologis saja, ada faktor fisik yang dapat merusak otak diantaranya benturan kepala. benturan di kepala dapat membuat otak mengalami trauma yang nantinya dapat mengakibatkan penyakit alzaimer.

5.  Konsumsi makanan sehat
Kebutuhan nutrisi juga menunjang kesehatan otak. Banyak makanan bergizi yang memasok kebutuhan otak untuk berkembang dan berfungsi dengan baik misalnya omega 3 dan 6 yang biasa dikandung oleh ikan-ikanan dan kacang-kacangan.

6.  Berhenti merokok
Merokok dapat menyebabkan kerusakan dan membunuh sel-sel tubuh manusia termasuk sel-sel otak.

7.  Istirahat cukup
Setelah digunakan secara maksimal, otak membutuhkan istirahat. Istirahat otak dapat dilakukan dengan tidur atau mendengarkan lagu-lagu relaksasi.

8.  Olahraga
Dengan berolahraga, berarti kamu memperlancar peredaran darah menuju otak yang berfungsi untuk menunjang kerja otak.

Menjaga kesehatan otak pada intinya dapat dilakukan dengan membuat otak terus digunakan secara maksimal, memberi nutrisi yang baik, olahraga dan beristirahat cukup.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »