Masa Kehamilan, Ini 9 Perubahan yang Terjadi Pada Payudara


Setiap wanita yang sudah menikah tentu sangat mendambakan kehamilan. Karena dengan kehamilan, tandanya wanita sudah benar-benar matang dan akan menerima kado terindah dari Tuhan berupa hadirnya seorang buah hati. 

Pada masa kehamilan, tentu ada banyak hal yang berubah dari dalam diri kita. Salah satunya adalah perubahan pada payudara ibu hamil. Lalu apa saja perubahan yang terjadi pada ibu hamil? Berikut kami akan berikan informasi untuk kamu tentang beberapa perubahan yang terjadi pada payudara ibu hamil di masa kehamilan. 


Perubahan yang Terjadi Pada Payudara Selama Masa Kehamilan


9 Perubahan yang Terjadi Pada Payudara Selama Masa Kehamilan


1. Payudara sakit

Pada masa kehamilan, hal pertama yang akan dirasakan oleh ibu hamil adalah payudara yang sakit. Hampir kurang lebih sekitar 90% perempuan hamil akan merasakan sakit pada organ payudaranya. Ini sebenarnya disebabkan karena naiknya level estrogen dan progesteron pada ibu hamil. Akan tetapi seiring dengan proses kehamilan, rasa nyeri juga akan bisa semakin berkurang.

2. Berat pada payudara

Bagi sebagian wanita, payudara yang terlihat besar dan penuh memang lebih cantik. Akan tetapi tentu saja payudara ini akan terasa berat. Pembesaran payudara biasanya terjadi setelah usia kehamilan sekitar 6 minggu. Ini juga akan dibarengi dengan rasa gatal dan kulit agak tertarik yang dirasakan.

3. Transparan

Ketika payudara mengalami pembengkakan, biasanya ia juga akan terlihat lebih transparan. Wanita jadi bisa melihat urat halus didalamnya. Ini juga disebabkan karena meningkatnya aliran darah menuju payudara. Lalu akibatnya urat akan menjadi lebih gelap dan seperti lebih menonjol ke bagian permukaannya.

4. Perubahan pada puting

Puting juga bisa berubah seiring dengan kehamilan yang dialami. Bagian ini juga akan jauh lebih besar dan areola juga akan bisa meluas. Tidak lain, perubahan bentuk ini juga bisa disebabkan karena peningkatan hormon pada tubuh yang hamil.

5. Bagian puting yang menggelap

Selain mengalami pembesaran, puting dan juga areola juga akan berubah warna menjadi jauh lebih gelap. Sebabnya adalah nantinya pigmentasi yang lagi-lagi diakibatkan karena peningkatan hormon. Nantinya perubahan warna ini juga menjadi salah satu perubahan yang paling umum selama kehamilan.

6. Sensasi gelitik

Dari dalam payudara, biasanya reaksi tertentu juga akan dirasakan. Salah satunya wanita hamil akan mengalami sensasi gelitik yang sampai membuat wanita hamil merasa ngeri. Terkadang ada rasa gatal dan di lain waktu juga terasa seperti tertusuk-tusuk.

7. Payudara bergelombang

Beberapa wanita hamil, dengan semakin meningkatnya trimester kehamilan juga akan merasakan payudara yang bergelombang. Ini sebenarnya normal. Hal ini terjadi karena jaringan atau produksi air susu yang menggumpal.

8. Payudara berbintik-bintik

Kelihatannya memang seperti mimpi yang menyeramkan ketika kamu lihat areola dan payudara dipenuhi bintik seperti jerawat. Warnanya merah. Tetapi jangan terburu bingung. Hal ini wajar pada wanita hamil. Jadi jangan sampai dipecah atau digosok karena akan berujung pada infeksi yang lebih parah.

9. Payudara mengeras

Payudara juga akan lebih mengeras ketika hamil. Ia bahkan bisa mengeras sampai saat-saat setelah persalinan. Ini terjadi karena payudara mulai dari hamil memproduksi susu. Karena air susu tersimpan terus selama bayi belum lahir maka payudara akan mengeras dan terasa nyeri.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk kamu tentang beberapa perubahan yang terjadi pada payudara selama masa kehamilan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ladies. Apa kamu pernah mengalaminya?

loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »