Kenapa Kamu Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga

sumber foto: memegenerator.net
LOL

Merokok yang dulu menjadi hal yang tabu bagi wanita, kini sudah terasa lebih lumrah. Mungkin kamu sudah sering menjumpai wanita yang menghisap rokok dengan tanpa merasa canggung lagi di tempat umum, terutama di kota-kota besar. Atau apakah kamu termasuk perokok juga? Nah saya punya sejuta alasan -masa iya?- untuk menyuruh kamu berhenti merokok sekarang juga.
Pertama, saya akan bagi alasan tersebut ke dalam 3 kategori: kesehatan, kecantikan dan norma.


Kesehatan

sumber foto: ari-siswanto.blogspot.com
"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin". Belum cukup? Merokok juga dapat menyebabkan -jeng jeng...- :
1.   Serba-serbi penyakit paru-paru
2.   Gangguan saluran pernafasan
3.   Osteoporosis
4.   Serba-serbi masalah rahim seperti kanker, sampai terganggunya siklus menstruasi dan konstipasi.
5.   Macam-macam kanker, termasuk kanker payudara, otak, mulut, tenggorokan, pankreas.
6.   Stroke
7.   Gangguan lambung
8.   Melahirkan bayi yang cacat hingga keguguran
9.   Mandul.-iya ini serem abis-
10. Kerusakan kulit
11. Kerusakan mata

Gimana bisa yah menghisap rokok menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan separah itu? Ya kalian coba bayangkan saja. Yang seharusnya kalian hisap itu adalah udara segar yang berbentuk O2 ke dalam paru-paru yang kemudian O2 tersebut paru-paru kamu sebarkan ke seluruh tubuh kamu, termasuk ke otak dan setiap sel tubuh kamu. Dan ini yang kamu masukan ke paru-paru kamu adalah asap rokok yang kebetulan -bukan kebetulan- mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh, merusak dan menggangu asupan nutrisi tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung, misal yang paling berbahaya saja, tar, nikotin dan karbon monoksida, yang mana zat tersebut merupakan 3 zat dari 200 zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam satu batang rokok. Coba rasa-rasa, setiap hisapan yang kamu nikmati, berarti kamu memasukan 200 zat berbahaya ke paru-paru yang kemudian disebarkan ke setiap sel tubuh kamu.


Kecantikan

sumber foto: updatecampuran.blogspot.com

1.  Kulit

sumber foto: myapollonia.blogspot.com

Yang paling terkena dampak dari rokok yang kamu hisap di kategori kecantikan adalah kulit. Asap rokok yang kamu hisap akan membuat kulit kamu kering, cepat keriput, cepat tua, tidak bercahaya, berubah warna jadi kusam, rusak, berkerut, jelek dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Hal tersebut dikarenakan rokok mengganggu kelancaran peredaran darah, produktivitas elastin dan kolagen yang merupakan hal penting untuk menjaga kekenyalan dan keremajaan kulit kamu. Selain itu, rokok juga merusak kandungan vitamin A dan C dalam kulit kamu. Belum lagi karena paparan langsung asap rokok yang menyentuh kulit kamu. Kabarnya, rokok merupakan hal yang paling merusak kulit setelah paparan sinar matahari terik. Oia, gangguan elastisitas kulit ini juga berpengaruh pada payudara dan bibir kamu. Kurangnya elastisitas kulit menyababkan payudara kendur dan kerutan pada bibir :o

2.  Gigi kuning dan plak gigi

sumber foto: unikbaca.com

Coba cek filter rokok pasca kamu hisap, bernoda. Itu adalah nikotin. Nah kandungan nikotin pada rokok tersebut juga dapat menempel dan menimbulkan noda di gigi. Hampir tidak mungkin kamu akan menemukan perokok aktif yang bergigi putih bersih, kecuali yang rutin ke dokter gigi lah yah. Tapi kan ke dokter gigi untuk bersihin gigi mahal :(. Bersihin karang gigi mungkin masih terjangkau, lah kalau bleaching gigi? Jutaanlah. Sayang banget kan. Keseringan bleaching gigi juga nanti warnanya tidak akan tampak putih alami lagi.
3.  Bibir Hitam

sumber foto: merdeka.com
Selain merusak keindahan gigi, nikotin juga dapat merubah bibir merah sehat alami kamu jadi hitam dan kering.

4.  Mata tidak bening

sumber foto: ceriffeta.blogspot.com

Selain perusakan dari dalam, kerusakan mata juga dapat dikarenakan oleh mata yang terkena paparan langsung asap rokok yang kamu hisap. Asap rokok yang menyentuh mata kamu secara terus menerus akan merusak kecantikan mata kamu.


Norma
1.  Sebagai agen kontrol moral


sumber foto: fashionfate.blogspot.com

Coba kenapa rokok kadang terasa lebih tabu jika dihisap oleh wanita dibandingkan pria? Karena wanita sudah sejak lama menjadi kontrol moral dalam masyarakat. Wanita identik dengan sifat lemah lembut taat aturan yang bertugas untuk meredam kenakalan dan mengingatkan para pria untuk taat aturan juga. Wanita juga dianggap sebagai agen yang paling dominan bertanggung jawab dalam mendidik, merawat dan memberi contoh pada anak -pria kan lebih identik dengan image pencari nafkah-. Nah jika si pengontrol moralnya saja buruk, bagaimana dengan yang dikontrolnya.

2.  Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga
sumber foto: lerachparade.deviantart.blogspot.com
Mungkin karena untuk wanita agak tabu itu sendiri kali yah, terkadang wanita perokok itu akan di cap negatif. Coba deh lakukan survey atau wawancara beberapa orang aja mengenai kesan pertama atau kesan dangkal mereka mengenai wanita yang merokok. Mungkin mereka akan berfikiran bahwa si wanita itu juga melakukan hal tabu lainnya seperti sex bebas, minum minuman beralkohol, clubbing, dll.

3. Lakukan untuk Anak

sumber foto: anakkubar09.wordpress.com
Jika alasan dari kategori kesehatan atau kecantikan di atas tidak membuatmu sadar untuk mencintai diri sendiri, coba lakukan untuk anakmu -atau anakmu kelak-. Orang tua yang merokok kemungkinan besar akan memiliki anak yang merokok juga. Orang tua perokok apalagi kalau ibu -si agen kontrol moral- perokok, tentu akan menciptakan iklim tidak tabu merokok dalam keluarga tersebut sehingga ya membuat si anak tidak merasa tabu juga untuk merokok.

Bagaimana? Cukup meyakinkan tidak untuk membuat kamu berhenti merokok? Semoga iya.

Oh iya, bagi mereka yang baru berniat untuk merokok, saya sarankan mending jangan deh. Trust me, there is no good in cigar. Atau kalau kamu penasaran banget dan tak terbendung lagi, nah awal kamu coba rokok, kamu akan mengalami fase apasih ini ngerokok gak enak banget. Nah si fase apasih ini ngerokok gak enak banget ini bakal terasa nggak banget, kamu akan mual-mual ampe muntah bahkan, pusing, sakit kepala, sesak nafas, berkunang-kunang, dan banyak hal aneh lainnya yang kamu rasakan. Dalam fase ini segeralah berhenti, jangan maksa lanjut buat cari enaknya. Percaya deh, banyak yang udah addicted mati-matian usaha buat berhenti. Ingat lagi poin-poin di atas yang menjelaskan ini itu mengenai bahaya merokok, terus segera berhenti. Baca tips-tips berhenti merokok di sini.

Catetan:
MEROKOK GAK BIKIN KAMU KURUS.
Di fase apasih ini ngerokok gak enak banget sih emang kamu bakal kehilangan nafsu makan, tapi lewat fase itu ya nafsu makan kamu akan normal lagi.
Bikin gendut MUNGKIN iya
Dimana kamu memutuskan untuk berhenti merokok, nafsu makan kamu akan meningkat. Pengen ngerokok, larinya ke makan, makan lagi, makan lagi. Tapi bagi kamu yang memutuskan untuk berhenti, jangan khawatir. Dengan melarikan diri ke makanan sehat, akan membantu kamu memperbaiki jaringan tubuh kamu yang rusak akibat rorok. Nah, lama-kelamaan juga setelah otak kamu yang kecanduan rokok -berpengaruh terhadap produktivitas hormon anti-nikotin- normal kembali, nafsu makan kamu akan terkontrol lagi.

Ayoooo hidup sehaaaaaaat!!!! Jangan menunda, berhenti merokok sekarang juga!!!!!!
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »