Air yang Bagus selain Air Putih

sumber foto: szlihin.com
Tubuh manusia terdiri dari 80% air sehingga membutuhkan asupan cairan yang banyak pula untuk membuat tubuh tetap tehidrasi dengan baik. Cairan yang baik untuk tubuh tentu saja air putih. Namun disamping air putih, ada juga cairan yang bermanfaat baik bagi tubuh, diantaranya:

1.    Jus Buah dan sayur
sumber foto: venus-uraba.blogspot.com
Buah dan sayur dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mengandung beragam vitamin, serat dan anti-oksidan, buah dan sayur juga harmless. Untuk mempermudah tubuh mencerna semua kandungan baik dalam buah dan sayur, kamu bisa mensiasati penyajiannya dengan cara dijus. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahan-bahan yang biasa ditambahkan. Usahakan tidak menambah gula terlalu banyak, atau lebih baik tidak usah sama sekali. Selain gula, jus buah juga sering ditambah susu, yang sebenarnya tidak boleh ditambahkan pada jus buah yang mengandung asam. Susu dan asam menimbulkan reaksi yang akan sedikit merugikan, yaitu terhambatnya proses penyerapan kebaikan susu dan buah itu sendiri dan menyebabkan diare.

2.    Air Kelapa

sumber foto: desamempesona.blogspot.com
Air kelapa merupakan minuman menyegarkan yang dapat meredakan haus karena isotonik yang dikandungnya. Selain itu juga air kelapa dapat memberi energi pada tubuh juga menetralisir racun. Oleh sebab itu terkadang air kelapa digunakakn sebagai pertolongan pertama pada keracunan dan alergi obat.

3.    Teh



sumber foto: biopelangsing.blogspot.com

Teh dikenal memiliki manfaat baik bagi tubuh karena kandungan anti-oksidantnya yang tinggi. Ada beberapa macam teh yang biasa dikonsumsi, diantaranya yang paling terkenal bagus adalah teh hijau karena proses pengolahannya yang tidak terlalu mengurangi kandungan baik teh. Namun, lagi-lagi, kurangi penambahan gula pada teh. Diminum tanpa gula akan lebih baik lagi.

4.    Kopi



sumber foto: homespot.blogspot.com
Kopi yang terkenal dengan kandungan kefeinnya dan efek membuat gendutnya ternyata sebenarnya tidak seburuk imagenya tersebut. Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek menenangkan dan anti-depresi sehingga dapat membantu kamu mengurangi stres. Kopi juga dapat menguatkan daya konsentrasi kamu. Namun pilihlah kopi hitam, bukan kopi dengan campuran krimer dan gula yang terlalu banyak.

5.    Susu

sumber foto: donatbakar.com

Susu merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, baik itu protein hewani yang dikandung susu sapi atau susu yang berasal dari hewan lainnya, maupun protein nabati yang dikandung oleh susu kedalai. Namun, dibalik semua manfaatnya, kamu juga harus bijak dalam mengkonsumsi produk susu agar yang kamu dapatkan adalah manfaatnya. Karena penggunaan yang tidak bijaksana dapat menimbulkan hal-hal negatif juga.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »