6 Tips agar BAB Lancar



Tips agar BAB Lancar

Pernah mengalami susah BAB? Nah, saya termasuk orang yang sering bermasalah dengan pencernaan. Saya bisa tidak buang air besar beberapa hari sampai perut saya maju. Tentu hal itu sangat mengganggu kenyamanan bukan? Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika kamu mengalalmi masalah pencernaan seperti saya:

1.   Minum yang banyak

Kurang cairan merupakan penyebab utama yang saya rasakan pengaruhnya bagi ketidaklancaran BAB saya. Saya termasuk orang yang malas minum, dan akhirnya bab tidak lancar. Nah, jika kamu mengalami susah bab juga, mungkin kamu kurang minum juga. Yang harus kamu lakukan adalah paksain minum yang banyak sampai kamu buang air besar kamu lancar kembali.

2.   Hindari makanan berpengawet

Jika kamu susah buang air besar, mungkin itu dikarenakan kamu terlalu banyak mengkonsumsi terlalu banyak makanan berpengawet seperti mie instant atau makanan kaleng yang susah busuk dan dicerna tubuh. Sebaiknya kamu menghindari makanan berpengawet tersebut dan perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

3.   Rutin mengkonsumsi teh hijau


Tips agar BAB Lancar


Salah satu fungsi teh hijau adalah memperlancar pencernaan. Khasiat teh hijau sangat saya rasakan dalam membantu kelancaran pencernaan saya. Rutinlah mengkonsi teh hijau 3x sehari sejam setelah makan agar kamu juga rutin buang air besar.

4.   Jangan menunda panggilan
 

Tips agar BAB Lancar

Salah satu hal yang membuat kamu tidak rutin bab adalah kebiasaan kamu menahan sakit perut ingin bab. Jika kamu mulai merasakan mulas, sebaiknya kamu jangan malas untuk langsung ke kamar mandi.


5.   Pikirkan hal-hal yang bikin kamu stres



 Saya kalau stres suka mulas pengen bab. Stres kalau mau presentasi di depan kelas, stres kalau mau di tes tari tradisional, stres menunggu hasil ujian, dan yang paling ampun yang selalu saya pikirkan ketika saya diharuskan untuk bab adalah memikirkan mantannya pacar saya.

6.   (Hanya saat mendesak) bantu dengan pencahar


Tips agar BAB Lancar

Jika kamu sudah mengusahakan hal-hal di atas tapi masih susah bab juga sementara perut kamu sudah sangat buncit, kamu bisa menggunakan bantuan obat pencahar. Tapi opsi yang terakhir ini dapat kamu gunakan jika kamu benar-benar terdesak. Jangan menggunakan obat pencahar terlalu sering, karena selain mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin bisa berakibat buruk, juga dapat menyebabkan terganggunya kemampuan kerja usus karena ketergantungan pada bantuan pencahar.

Baiklah, good luck yah!
loading...
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »