Mual Saat Hamil Muda, Atasi dengan Cara Sederhana Ini


Ada berbagai macam perubahan yang terjadi pada diri wanita ketika mereka hamil, utamanya ketika hamil muda dirasakan. Salah satunya selain perubahan pada tubuh juga perubahan pada psikisnya. Psikis ibu hamil muda biasanya akan menurun akhirnya mual juga akan dirasakan.

Mual saat hamil muda sebenarnya sangat wajar terjadi. Hal ini karena pengaruh perubahan hormon didalam tubuh ibu hamil muda. Dan tentu hal ini perlu diatasi dengan sebaik mungkin. Berikut ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan oleh seorang ibu hamil muda mengatasi mual. kamu bisa cek informasi lengkapnya berikut ini.

cara atasi mual saat hamil muda


Cara Sederhana Atasi Mual Saat Hamil Muda

Beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis karena jeruk nipis dapat meredakan mual. Selain jeruk nipis, mengonsumsi wedang jahe juga menjadi salah satu langkah tepat untuk mengatasi mual ketika hamil muda. 

Olahraga secara rutin dan jangan sampai minum kopi atau teh juga menjadi langkah preventif untuk mengatasi mual saat hamil muda. Selain cara sederhana atasi mual saat hamil muda yang kamu perlu tahu, penyebab dari mual saat hamil muda juga perlu kamu tahu. Beberapa penyebab mual saat hamil muda diantaranya :

Menderita asam lambung

Bagi ibu hamil yang pada waktu muda memiliki riwayat asam lambung, dia memang akan rentan untuk mual dan muntah. Apalagi jika ibu hamil sering membiarkan perutnya kosong dalam waktu yang lama maka dia juga akan rentan untuk mual. Hal ini juga karena faktor asam lambung yang naik.

Hormon yang meningkat

Penyebab mual saat hamil muda, salah satunya adalah karena hormon yang mengalami peningkatan. Hormon ini akan sangat berpengaruh pada kondisi asam lambung kita. Saat asam lambung meningkat maka terjadi rasa mual. 

Hormon estrogen akan banyak dikeluarkan di pagi hari oleh ibu hamil. Karena inilah ibu hamil sering mengalami kondisi morning sickness atau mual di pagi hari. Ibu hamil yang tidak memiliki asam lambung, biasanya akan lebih rendah terserang morning sickness ini.

Metabolisme yang berubah

Didalam tubuh seseorang, memang akan terjadi yang namanya metabolisme. Metabolisme didalam tubuh bisa berpengaruh pada sistem imun tubuh. Demikian halnya ketika sedang hamil, metabolisme didalam tubuh akan mengalami perubahan. Metabolisme juga terjadi lebih lambat dibandingkan sebelum terjadinya kehamilan. Karena inilah yang kemudian menyebabkan seseorang terkena mual dan muntah.
Pencernaan yang terdesak

Ada yang mual ketika kehamilan muda, akan tetapi juga ada rasa mual yang ditimbulkan ketika kehamilan justru sudah semakin besar. Ketika hamil besar dan baru merasakan mual, penyebabnya adalah perkembangan janin yang juga mendesak organ cerna dan saluran cernanya. Saluran cerna dan organ cerna ini akan semakin terdesak karena memberikan ruang kepada janin untuk bisa tumbuh dan semakin berkembang.

Itulah beberapa informasi mengenai cara atasi mual saat hamil muda dan penyebab mual saat hamil muda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita khususnya kamu yang sedang hamil atau yang baru menikah.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »